Rabu, 13 Februari 2019

Truk Tangki Bermuatan Minyak Goreng, Terperosok Di Sungai Jetis

Baca Juga

Unit Laka Polres Mojokerto Kota saat melakukan olah kejadian di TKP, Rabu (13/02/2019).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Sebuah truk tangki Nopol AG 8961 UY bermuatan minyak goreng dari Gresik menuju Trenggalek, terperosok di kali (sungai) Pecarikan di kawasan Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Rabu (13/02/2019).

Keterangan Purwanto, yang tak lain adalah pengemudi truk tangki itu menerangkan, bahwa tergulingnya truk tangki yang dikemudikannya karena dirinya banting setir ke kiri untuk menghindari sepeda motor dari arah berlawanan.

“Saya spontan membanting setir ke kiri untuk menghindari sepeda motor yang berusaha mendahului mobil dari arah berlawanan", terang Purwanto, Rabu (13/02/2019, di looasi.

Suparno, pengemudi truk tangki bermuatan minyak goreng saat dimintai keterangan oleh petugas, Rabu (13/02/2019), di sekitar tempat kejadian.


Lebih lanjut, Purwanto mengungkapkan kronologi kejadian dengan kondisi kaki sebelah kanan sedikit terluka. “Dari arah berlawanan, ada mobil colt diesel dan tiba-tiba muncul sepeda motor mendahului colt diesel tersebut. Padahal jarak dengan kendaraan saya sudah sangat dekat", ungkap Purwanto.

Akibat hal tersebut, dalam situasi dan kondisi mendadak, Purwanto spontan membanting setir ke kiri. Nahasnya, roda sebelah kiri jatuh ke bahu jalan yang posisinya lebih rendah dari jalan utama.

“Kalau tadi saya paksakan untuk terus melaju, saya tidak tahu lagi bagaimana kondisi pengendara sepeda motor itu. Sementara itu, mobil muatan tidak mungkin bisa mengerem mendadak. Akhirnya saya yang menanggung resikonya", jelasnya.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Mojokerto Kota Ipda Sukaren, SH. saat berada di lokasi kejadian dalam pemeriksaan awal membenarkan pernyataan pengemudi tangki.

“Dari hasil pemeriksaan awal terhadap pengemudi tangki, dikarenakan menghindari kendaraan roda dua yang berlawanan arah. Namun kita akan melakukan olah TKP sambil menunggu mobil derek datang", pungkasnya.

Dalam kejadian ini, selain mobil tangki bermuatan minyak goreng yang mengalami rusak, kerusakan juga terjadi pada fasilitas umum, yakni sebuah tiang PJU. *(DI/HB)*