Sabtu, 27 April 2019

KPK Tetapkan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria Sebagai Tersangka

Baca Juga

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria sebagai Tersangka. Status hukum Tersangka pada Muzni Zakaria itu, mencuat kepermukaan sejak saat tim penyidik KPK menggeledah rumah kediaman Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria pada Kamis 25 April 2019 lalu.

Dikonfirmasi mencuatnya informasi tentang status hukum Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria hingga dilakukannya penggeledahan di rumah kediaman tersebut, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan tak menampiknya. Diterangkannya. bahwa pihaknya memang telah menetapkan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sebagai tersangka.

"Iya benar (sudah tersangka). Dalam proses penegakan hukum, KPK melakukan penggeledahan terkait suatu perkara di tahap penyidikan dan telah menetapkan tersangka", terang Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantornya, jalan Kuningan Persada – Jakarta Selatan, Sabtu (27/04/2019).

Hanya saja, Basaria Panjaitan belum bersedia menjelaskan lebih jauh tentang perkara apa yang menjerat orang satu di Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat itu.

Salah-satu suasana penggeledahan di rumah kediaman Bupati Solok Selatan, di Kota Padang Prov. Sumatra Barat, Kamis (25/04/2019).


Sebelumnya, Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah membenarkan adanya kegiatan penggeledahan oleh tim penyidik KPK di rumah kediaman Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, Kamis (25/04/ 2019) lalu. Diterangkannya, bahwa penggeledahan berlangsung sejak Kamis-pagi pagi hingga siang hari.

"Benar ada kegiatan penggeledahan oleh tim KPK di Solok Selatan", ujar Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis 25 April 2019 lalu.

Febri menegaskan, bahwa penggeledahan yang dilalukan tim KPK merupakan rangkaian peristiwa hukum yang sudah dalam tahap penyidikan. Namun, saat itu Febri belum bersedia menjelaskan lebih jauh tentang perkara apa yang menjerat Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria sehingga menyandang status Tersangka.

"Prosesnya (penetapan status Tersangka pada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria) tentu sudah di tingkat penyidikan", tegas Febri Diansyah.

Tentang siapa-siapa saja yang sudah ditetapkan sebagai Tersangka, saat itu Febri pun enggan menjawabnya. Febri beralasan, tim KPK masih tengah melakukan serangkaian kegiatan di Kabupaten Solok Selatan – Sumatera Barat.

"Tim masih bekerja di lapangan. Nanti informasi lebih lengkap terkait perkara dan tersangkanya akan disampaikan menyusul", pungkasnya. *(Ys/HB)*