Minggu, 26 Mei 2019

Buka Puasa Bersama Anak Yatim, Ning Ita Serahkan Bantuan Operasional Panti Asuhan

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria saat secara simbolik menyerahkan bantuan biaya operasional anak yatim Al-Hasyimiyah, di rumah dinas Wali Kota Mojokerto jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/05/2019).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Memasuki hari ke-21 Ramadhan 1440 Hijjriyah yang bertepatan jatuh pada hari Sabtu 25 Mei 2091 kemarin, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria menggelar "Buka Bersama Anak Yatim Panti Asuhan".

Kegiatan yang digelar di rumah dinas Wali Kota Mojokerto jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto ini, dihadiri jajaran Forkopimda Mojokerto, para kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemoot) Mojokerto, Camat dan lura se Kota Mojokerto dengan mengundang 250 anak yatim dan pengurus Yayasan Panti Asuhan dari 4 panti asuhan.

Selain Buka Bersama Anak Yatim Panti Asuhan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Bantuan Biaya Operasional Panti Asuhan Anak Yatim kepada 4 (empat) Yayasan Panti Asuhan.

Keempat Yayasan Panti Asuhan yang mendapat Bantuan Biaya Operasional itu, yakni:
1. Yayasan Penyantun Anak Yatim Al–Ikhlas mendapat santunan senilai Rp. 45.000.000,–;
2. Panti Asuhan Yatim (PAY) Muhammadiyah mendapat santunan senilai Rp. 55.000.000,–;
3. Panti Asuhan Anak Yatim Al-Hasyimiyah mendapat santunan senilai Rp. 52.000.000,–
4. Panti Asuhan Anak Yatim dan Dhu’afa Miftahul Hikmah mendapat santunan senilai Rp.40.000.000,–

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyempatkan diri bercengkerama dengan beberapa anak yatim disela kegiatan Buka Bersama dan Penyerahan bantuan tersebut, Sabtu (25/05/2019), di rumah dinas Wali Kota Mojokerto jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/05/2019).


Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial  Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto Sri Mudjiwati menyampaikan, bahwa Pemerintah menggelar buka bersama anak yatim panti adalah untuk berbagi kebahagian dengan anak yatim panti asuhan di bulan ramadan.

“Acara ini juga untuk menunjukkan rasa kepedulian Pemerintah Kota Mojokerto terhadap keberadaan anak yatim di panti asuhan. Serta untuk memberi motivasi dan semangat kepada anak yatim panti asuhan untuk meraih masa depan yang lebih baik", lapor Sri Mudjiwati.

Lebih lanjut, Sri Mudjiwati menjelaskan bahwa, selain acara buka bersama Wali Kota Mojokerto dan penyerahan bantuan biaya operasional, dalam acara ini  juga akan dilaksanakan sholat Magrib berjama'ah dan siraman rohani oleh KH. Maksum Maulani.

Sementara itu, mengawali sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan 'Ning Ita' ini menyampaikan rasa bahagianya karena bisa berbuka puasa bersama anak-anak yatim panti asuhan.
“Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud dari rasa syukur atas limpahan rahmad dan nikmat yang diberikan Allah kepada kita dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim panti asuhan di bulan Ramadan", kata Ning Ita.

Ning Ita menjaskan, bahwa bulan suci Ramadhan memiliki arti yang luar biasa bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia. Karena bulan di ini Allah menurunkan  rahmat, maghfiroh dan juga pembebasan dari api neraka.

"Mudah–mudahan kita semua senantiasa dianugerahkan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita bisa menjalankan ibadah Ramadan 1 bulan penuh dan mengisinya dengan ibadah-ibadah wajib serta ibadah-ibadah sunnah. Kita berharap di akhir ramadhan nanti kita mendapatkan keberkahan dan pengampunan dari Allah SWT", jelas Ning Ita.

Selaku Wali Kota Mojokerto, Ning Ita pun sempat menyampaikan harapannya, yakni dengan bantuan biaya operasional yang diberikan untuk panti asuhan ini  dapat mendorong panti asuhan untuk lebih meningkatkan peran sertanya dalam mengasuh anak-anak yatim yang ada di panti di Kota Mojokerto dan dapat memberikan pelayanan dan pengasuhan yang lebih baik dan lebih layak.

“Kami dari Pemerintah Kota Mojokerto berharap dengan bantuan biaya operasional yang diberikan untuk panti asuhan ini semoga dapat mendorong panti asuhan untuk meningkatkan peran sertanya dalam mengasuh anak-anak yatim yang ada di panti di Kota Mojokerto dan dapat memberikan pelayanan dan pengasuhan yang lebih baik dan layak terhadap anak yatim", ungkap Ning Ita penuh harap.

Ning Ita juga berpesan kepada semua anak yatim panti untuk tetap bersemangat, terus belajar menimba ilmu dan menggantungkan cita-cita setinggi mungkin dan tetap istiqomah berproses untuk menjemput cita-cita yang diimpikan serta menjadikan guru di sekolah di panti sebagai orang tua yang wajib dihormati dan ditaati serta sayangi.

“Karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus Kota Mojokerto, yang akan mewarisi negara Indonesia. Ditangan merekalah masa depan negara ini akan lebih baik atau sebaliknya", pesan Ning Ita.

Ning Ita menambahkan, agar para pengurus panti membekali anak-anak dengan ilmu pengetahuan umum maupun teknologi, serta agama yang baik. Agar nantinya menjadi generasi penerus yang tangguh, berdaya saing dan juga berakhlakul karimah.

Menutup sambutannya, Ning Ita meminta agar semua yang hadir mendoakan para pemimpin di Kota Mojokerto agar mampu mengemban amangah dengan sebaik-baiknya, bekerja secara profesional, memberikan kinerja yang terbaik untuk mengabdi kepada masyarakat Kota Mojokerto dan membangun Kota Mojokerto yang lebih maju. *(na/kha/Hms/HB)*