Selasa, 21 Mei 2019

Peringati Nuzulul Quran, Ning Ita Himbau Warga Jaga Persatuan Dan Kebersamaan

Baca Juga

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an 1440 Hijjriyah di masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto, Selasa (21/05/2019) malam.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Nuzulul Qur'an merupakan salah-satu 'momen istimewa' dalam bulan Ramadhan. Pada Ramadhan 1440 Hijriyah ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto bersama Kementerian Agama Kota Mojokerto menggelar kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an dengan mengangkat tema 'Kebersamaan dalam Kebersamaan' (dalam perspektif Qur'an), di masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto pada Selasa (21/05/2019) malam.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hadir bersama Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, Sekdakot Harlistyati, jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Ketua TP PKK Nur Chasanah Achmad Rizal, Kepala Kemenag Kota Mojokerto bersama jajarannya, segenap kepala OPD di lingkup Pemkot Mojokerto, para Camat dan Lurah serta ketua Ormas Islam se-Kota Mojokerto, dengan Farmadi Hasyim sebagai pembicara.

Mengawali sambutan, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama bersyukur atas rahmat, nikmat dan karunia dari Allah SWT termasuk kesempatan untuk bersilaturrahim dalam majelis peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Al Fattah.

Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, para Kepala OPD Pemkot Mojokerto, jajaran Kemenag Kota Mojokerto, Camat dan Lurah serta para Ketua Ormas se Kota Mojokerto saat mengikuti kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an 1440 Hijjriyah di masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto, Selasa (21/05/2019) malam.


Ning Ita menyampaikan, Nuzulul Qur'an merupakan salah-satu peristiwa penting bagi kita umat Islam, yakni peristiwa diturunkannya Qur'an dari ALLAH SWT  kepada Nabi Muhammad SAW sebagai panutan dan pedoman bagi seluruh umat manusia untuk memperoleh keselamatan, kebahagiaan dan ridho Allah.

"Melalui peringatan nuzulul quran ini, hendaknya kita manfaatkan sebagai momentum untuk bersama-sama merenungkan kembali ajaran-ajaran quran.Dengan memperbanyak membaca quran, memahami isinya dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari", tutur Ning Ita.

Ning Ita menegaskan, bahwa Al-Qur'an mengajarkan dan memberi petunjuk kepada kita tentang  toleransi, keadilan, kebaikan, kedamaian, kesejahteraan dan tidak mengajarkan kedzaliman, apalagi kekerasan.

"Peringatan Nuzulul Qur'an ini diselenggarakan bersamaan dengan selesainya proses Pemilu, merupakan momen yang tepat untuk merekatkan kembali tali silaturrahim, persatuan dan kesatuan diantara kita", tegas Ning Ita.

Dijelaskannya,  bahwa struktur kemasyarakatan Indonesia adalah masyarakat plural dan beragam. Namun, tataran nilai kebersamaan dalam keragaman itu sudah mulai mengalami penyusutan akhir-akhir ini dan bahkan bisa hilang.

“Oleh sebab itu, tentu sangat tepat pada momen nuzulul quran tahun ini kita jadikan sebagai semangat memulai langkah baru dalam mengembalikan nilai kebersamaan ditengah hiruk pikuk arus politisasi yang saat ini dapat meresahkan", jelas Ning Ita.

Ning Ita menandaskan, selesainya Rekapitulasi Nasional Hasil Pimilu Serantak 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 21 Mei 2019 dini hari menimbulkan berbagai respon dari sejumlah kalangan, maka masyarakat Kota Mojokerto agar tetap tenang dan senantiasa waspada atas munculnya berbagai isu.

"Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat Kota Mojokerto untuk tetap tenang dalam menghadapi  berbagai isu yang dapat menyulut terjadinya konflik sosial dan mengacaukan keamanan nasional", tandas Ning Ita.

Pada kesempatan ini, Ning Ita mengungkapkan harapannya agar suasana kekeluargaan dan kedamaian senantiasa terjalin dalam masyarakat, khususnya masyarakat Kota Mojokerto.

“Mari kita berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Merekatkan tali silaturrahmi antar sesama serta menebarkan kedamaian di bumi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)",  pungkasnya. *(na/kha/Humas/HB)*