Selasa, 07 April 2020

KPK Yakini, Muh. Syarifuddin Mampu Bawa MA Bersih Dari Korupsi

Baca Juga

Hakim Agung Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020 – 2025.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menyampaikan ucapkan selamat atas terpilihnya Hakim Agung Muhammad Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020 – 2025, menggantikan Muhammad Hatta Ali. Nawawi pun meyakini, Syarifuddin bisa membawa MA bersih dari praktik korupsi maupun kolusi.

"Saya percaya, sosok beliau akan mampu membawa MA lebih baik ke depannya. Dengan background beliau yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengawas MA, tentu akan lebih banyak perhatian kepada pembinaan dan pengawasan terhadap insan MA untuk bersih dari praktik korupsi dan kolusi", ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango saat dikonfirmasi wartawan, Selasa 07 April 200.

Namun, Nawawi enggan berkomentar soal apa saja yang menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi Syarifuddin yang masih harus dibenahi di MA yang berkaitan dengan kasus-kasus dugaan tindak pidana korupsi. Terlebih, beberapa waktu belakangan ini, mantan Sekretaris MA Nurhadi serta sejumlah Hakim terseret perkara di KPK.

Mantan Hakim Tipikor pun menyakini, Muh. Syarifuddin sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibenahi pada MA ataupun dunia peradilan.

"Kita tidak dalam posisi memberi argumen tentang itu. Kita positif aja, Ketua MA yang baru memahami apa yang harus dibenahi dan ditingkatkan MA ke depannya, khususnya dalam upaya lebih menumbuhkan kepercayaan publik terhadap lembaga (MA)", tandasnya. *(Ys/HB)*