Jumat, 04 Juni 2021

Pemkot Bersama Baznas Bersinergi Tingkatkan Kesejahteraan Lansia Kota Mojokerto

Baca Juga


Salah-satun suasana saat Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyerahkan bantuan kursi roda kepada salah-satu penerima, Kamis (03/06/2021).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto memiliki terobosan baru untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dari para muzaki, yaitu dengan memberikan alat kesehatan seperti kursi roda bagi warga yang membutuhkan.

Seperti halnya kursi roda dari Baznas yang diserahkan secara langsung oleh Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Ketua Baznas Dwi Hariadi dan Kabag Kesra Setda Kota Mojokerto Choirul Anwar kepada para penerima pada Kamis (03/06/2021). 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini menyampaikan, bahwa penyerahan ini sekaligus untuk memperingati Hari Lansia yang telah berlangsung pada 29 Mei.

Disampaikannya juga, bahwa sebagaimana instruksi Mendagri, dalam peringatan Hari Lansia diperkenankan mengadakan kegiatan yang sifatnya euphoria, sehingga penyerahan kursi roda diserahkan secara langsung kerumah-rumah penerima.

"Khusus untuk hari ini, kami serahkan bantuan berupa kursi roda bagi Lansia yang sakit dan tidak bisa berjalan, namun nanti akan ada rentetan kegiatan diantaranya penyerahan kartu senyum yang merupakan bantuan biaya hidup bagi Lansia", kata Ning Ita.

Salah-satun suasana saat Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyerahkan bantuan kursi roda kepada salah-satu penerima, Kamis (03/06/2021).

Lebih lanjut, wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menjelaskan, bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan Lansia di Kota Mojokerto, akan ada Kartu Senyum.

“Kartu Senyum merupakan hasil sinergi antara Pemkot Mojokerto dengan Baznas Kota Mojokerto dengan pengalokasian dana ZIS. Kami dari Pemkot sudah mengalokasikan melalui APBD, namun nilainya tidak besar, hanya untuk kebutuhan bahan pokok saja, maka dari itu kita bersinergi dengan Baznas sebagai pengelola ZIS", jelas Ning Ita.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Mojokerto ini menegaskan, bahwa kedepan Baznas Kota Mojokerto juga akan memberikan layanan Homme Care.

“Kebetulan, para penerima kursi roda adalah penderita stroke dan salah-satu pengobatannya adalah diberikan fisioterapi", tegas Ning Ita.

Kepada para penerima bantuan dan keluarganya, Ning Ita berpesan agar selalu bersabar dalam menghadapi masalah, karena masalah merupakan cobaan yang selalu ada dalam kehidupan. 

Usai menyerahkan bantuan kursi roda, Ning Ita meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk penyandang disabilitas di Labkesda Kota Mojokerto. Dalam kesempatan ini, Ning Ita juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan para penerima vaksin ini.

Ning Ita menandaskan, bahwa para penyandang disabilitas ini juga memiliki kesempapan maupun hak yang sama dalam segala aspek.

"Bahkan, para penyandang disabilitas juga mampu mengharumkan nama Kota Mojokerto, sebagaimana yang dilakukan oleh para atlet Paralimpic Kota Mojokerto dalam Pekan Paralmpic Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu", tandasnya. *(Hums/HB)*