Wakil Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Cak Rizal" ini meninggal di RS dr. Soewandhie Surabaya Jum'at (08/10/2021) sore sekitar pukul 16.15 WIB. Rizal dilarikan ke rumah sakit karena pingsan pada saat menghadiri acara Pembukaan Pameran Jatim Fair Hybrid di Grand City Surabaya dalam rangka Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur.

Sebelum jenazah dimakamkan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tiba di rumah duka dengan didampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Gubernur Khofifah pun berkesempatan menyampaikan ungkapan bela sungkawanya secara langsung kepada pihak keluarga almarhum.

"Inna lilillahi wa inna ilaihi rajiun. Kami atas nama keluarga besar Pemerintah dan masyarakat Jawa Timur turut menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria. Malam hari ini, kami hadir memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria", tutur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa ia sempat bertemu dengan almarhum pada Jum'at (08/10/2021) sore saat bersama-sama menghadiri pembukaan acara Jatim Fair Hybrid di Grand City. Yang mana, dalam pembukaan acara tersebut sejumlah kepala daerah memang diundang untuk hadir.

"Saya sempat bertemu dengan almarhum saat pembukaan Jatim Fair di Grand City, Surabaya. Suasananya ingin membangun kebangkitan ekonomi, suasana ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan semangat agar ekonomi segera bangkit, Covid-19 segera teratasi. Dengan semangat itu almarhum tadi hadir. Beliau adalah sosok pemimpin yang ramah dan pekerja keras", ungkap Gubernur Khofifah.



Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan pelepasan jenazah Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria di rumah duka, Jum'at (08/10/2021) malam.


Bersama keluarga, Gubernur Khofifah ikut mendoakan agar almarhum diterima semua amal ibadahnya, diampuni khilafnya dan dilapangkan kuburnya dan dimasukkan ke Surga-Nya.

"Dan, kepada keluarga yang ditinggalkan, diberi kesabaran dan ketabahan serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT. Aamiin. Lahumul Fatihah...!", ujar Gubernur Khofifah.

Khofifah berharap, perjalanan penyelenggaraan Pemerintahan Kota Mojokerto akan tetap dapat dilaksanakan dengan baik, dengan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dan partisipasi masyarakat Kota Mojokerto.

Wakil Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Cak Rizal" ini meninggal di RS dr. Soewandhie Surabaya Jum'at (08/10/2021) sore sekitar pukul 16.15 WIB. 

Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dikabarkan jatuh pingsan saat menghadiri acara Pembukaan Pameran Jatim Fair Hybrid di Grand City Surabaya dalam rangka Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur.

Achmad Rizal Zakaria sempat dibawa ke rumah sakit, namun dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soewandhie Kota Surabaya, Jum'at (08/10/2021) sore sekitar pukul 16.15 WIB.

Zenazah almarhum Achmad Rizal Zakaria kemudian dibawa ke rumah duka di Kelurahan Pulorejo Nomor 78, Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.

Masnyur Fauzi (50) adik kandung almarhum mengatakan, pihak keluarga memperoleh kabar musibah itu sekitar pukul 3 (tiga) sore . Berdasarkan informasi dari ajudan, saat itu almarhum mendadak jatuh pingsan saat menghadiri kegiatan pameran di Grand City Surabaya.

"Dari kamar mandi, tiba-tiba (almarhum) jatuh pingsan itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Soewandhie", ungkap Masnyur Fauzi, adik kandung almarhum Jum'at (08/10/2021).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria dilarikan ke rumah sakit karena pingsan pada saat menghadiri acara Pembukaan Pameran Jatim Fair Hybrid dalam rangka Hari Jadi ke-76 Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Achmad Rizal Zakaria meninggal di RS dr. Soewandhie Surabaya sekitar pukul 16.15 WIB.

Achmad Rizal Zakaria lahir di Mojokerto pada 23 April 1963. Alamarhum meninggal pada usia 58 tahun. Achmad Rizal Zakaria menempuh pendidikan SMA Negeri 1 Mojokoerto dan lulus pada tahun 1984.

Achmad Rizal Zakaria tercatat pernah menjadi anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapeknas) dan pengurus PAN. Sebelum mencalonkan diri menjadi Wakil Wali Kota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria pernah menjabat sebagai Direktur CV. Sarana Karya.

Ahmad Rizal Zakaria dilantik sebagai Wakil Wali Kota Mojokerto mendampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari sebagai pemenang Pilkada Kota Mojokerto tahun 2018.

Pasangan Wali Kota – Wakil Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari – Ahmad Rizal Zakariyah yang diusung Partai Golkar dan Partai Gerindra memenangkan Pilkada Kota Mojokerto tahun 2018 dengan perolehan suara sebanyak 23.822 suara (31 persen) suara dari total suara Daftar Pemilih Tetap (DPT) 96.132 pemilih. *(DI/HB)*