Minggu, 27 Maret 2022

Gencarkan Gerakan Bangga Produk Dalam Negeri, Ning Ita Anggota Koperasi Daftar E-Katalog

Baca Juga


Ning Ita berswafoto dalam agenda Musda Dekopinda Kota Mojokerto - (zan).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Adanya kebijakan untuk mengalokasikan 40 % dari total anggaran pengadaan barang dan jasa di masing-masing kementerian, lembaga, pemerintah daerah provinsi kabupaten dan kota untuk produk-produk dalam negeri, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengajak anggota koperasi di Kota Mojokerto untuk memanfaatkan kebijakan ini dengan mendaftarkan koperasi masing-masing ke e-katalog, baik katalog lokal JATIM BEJO maupun Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Satu hal penting yang harus panjengan semua tinda-lanjuti setelah acara ini adalah sesegera mungkin mendaftarkan koperasi bapak ibu ke e-katalog. Tahun lalu, kami telah mendampingi ada 3 UMKM alas kaki 1 UMKM batik yang sudah kita daftarkan di e-katalog lokal, Jatim Bejo", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat membuka Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Musda Dekopinda) Kota Mojokerto 2022 di Sabha Krida Tama, Rumah Rakyat, jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Minggu (27/03/2022).


Musyawarah Daerah Dekopinda Kota Mojokerto di Sabha Krida Tama Rumah Rakyat Kota Mojokerto - (zan).


Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini menyampaikan, bahwa pada tahun 2021 Pemerintah Kota Mojokerto berhasil melakukan pengadaan sebesar Rp. 1,3 miliar untuk pengadaan sepatu gratis bagi anak-anak TK, SD dan SMP yang dipesan dari UMKM pengrajin sepatu asli Kota Mojokerto.

“Saya selaku pemangku kepentingan di pemerintah Kota Mojokerto ini telah membentuk tim Percepatan Pengadaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan sekaligus SK Tim Evaluator. Dimana lebih dari 56% APBD Kota Mojokerto dari anggaran pengadaan barang dan jasa sudah kita fokuskan untuk UMKM dan koperasi", ujar Ning Ita.

Ning Ita menambahkan, saat ini alokasi anggaran untuk belanja barang dan jasa produk dalam negeri jauh lebih besar lagi, yaitu lebih dari 56 % total anggaran pengadaan barang dan jasa. "Silahkan disambut baik kebijakan ini dengan cara mendaftarkan koperasi bapak ibu ke e katalog, bisa e katalog lokal, bisa e katalog nya LKPP", tambahnya.


Ditegaskan Ning Ita,  bagi para pengurus koperasi yang belum familiar untuk mendaftarkan diri di e-katalog, bisa minta pendampingan baik kepada tim verifikator maupun dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUKMperindag).

Musda Dekopinda Kota Mojokerto ini dihadiri Sekretaris Dekopinwil Provinsi Jawa Timur R. Nugroho, Pelaksana-tugas (Plt.) Ketua Dekopinda Kota Mojokerto Muhammad Hasan, Ketua Dekopinda Kota Mojokerto Demisioner Ketut Sukena, Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya serta perwakilan anggota Koperasi se-Kota Mojokerto. *(Na/an/HB)*