Selasa, 19 April 2022

Pemkot Mojokerto Raih Predikat PPD Terbaik, Ning Ita: Kesamaan Persepsi Dan Komitmen Bersama Adalah Kunci Keberhasilan

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memukul gong sebagai tanda resmi pembukaan Musrenbang Provinsi JawaTimur, Selasa 19 April 2022, di Ballroom, Shangrilla Hotel Surabaya - (zan).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali mengukir prestasi dengan diraihnya penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai Kota Terbaik III tingkat Provinsi Jawa Timur. Plakat dan piagam penghargaan diterima oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur di Ballroom, Shangrilla Hotel Surabaya pada  Selasa 19 April 2022.

“Alhamdulillah... tahun 2022 ini Pemerintah Kota Mojokerto kembali mendapatkan penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk kota pada juara 3. Tentu ini sebuah pencapaian yang layak kita apresiasi bersama", ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari  didampingi Kepala Bappeda Kota Mojokerto Agung Moeljono usai mengikuti pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/04/2022).

Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa "Ning Ita" ini menyampaikan, bahwa pencapaian ini tak lepas dari komitmen bersama seluruh perangkat daerah di Kota Mojokerto.

“Selama seluruh OPD memiliki komitmen yang kuat dalam rangka pensuksesan itu semuanya bisa dicapai. Menyamakan persepsi dan komitmen inilah pondasi dasar yang bisa menjadi modal kita untuk mendapatkan apa yang kita targetkan tersebut", ujar Ning Ita.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Kepala Bappedalitbang Kota Mojokerto saat terima penghargaan sebagai juara 3 Pembangunan Daerah, Selasa 19 April 2022, di Ballroom, Shangrilla Hotel Surabaya - (zan).


Lebih lanjut, Ning Ita menjelaskan, untuk mencapai prestasi ini ada hal-hal yang harus dipenuhi, mulai dari perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya yang harus sesuai.

"Bagaimana merencakan pembangunan harus memenuhi aspek-aspek yang sudah ditentukan sesuai regulasi, bagaimana pencapaian IKU kepala daerah, bagaimana linearitas antara rencana pembangunan pusat, provinsi sampai di Kota Mojokerto dan juga ketersediaan dokumennya dan beberapa aspek yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat dan juga politik", jelas Ning Ita.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto ini juga menyampaikan harapannya agar kedepan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

"Kalau 2 (dua) tahun berturut-turut ini kita masuk di kategori juara 3 (tiga), ya semoga nanti tahun 2023 bisa juara 1 (satu) atau juara 2 (dua). Kan cita-cita harus tinggi, supaya ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk terus melahirkan inovasi dalam rangka pencapaian yang lebih baik", ujar Ning Ita.

Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Subagijo menjelaskan, bahwa penilaian sebagai daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik ada beberapa kriteria yang masing-masing ada indikatornya.

“Kriteria penilaian meliputi pencapaian pembangunan, kualitas dokumen, proses penyusunan dokumen serta inovasi daerah", jelas Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Subagijo.

Agung menandaskan, bahwa capaian ini tak lepas dari arahan Ning Ita selaku Wali Kota Mojokerto dalam menjaga kekompakan seluruh OPD untuk terus berkomitmen membangunan Kota Mojokerto, demi terwujudnya Kota Mojokerto yang berdaya saing, mandiri, demokratis, adil, Makmur, sejahtera dan bermartabat. *(Na/an/HB)*