Sabtu, 25 Juni 2022

Bupati Ikfina: Kita Bangga Jadi Anggota Pramuka Untuk Bentuk Kepribadian Mandiri, Tangguh Dan Terampil

Baca Juga


Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, saat menanda-tangani prasasti peresmian Lapangan Sidowangi yang digunakan LT-3 Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto, Sabtu (25/06/2022).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengajak generasi muda dan remaja di Kabupaten Mojokerto untuk bangga menjadi anggota Pramuka. Karena, akan mampu menempa untuk menjadi generasi yang mandiri, bertanggung-jawab dan terampil.

Hal itu diutarakan Bupati Ikfina, saat  membuka LT (Lomba Tingkat) III Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto tahun 2022, di lapangan Desa Sidowangi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Sabtu (25/6).

Dijelaskan Bupati Ikfina, bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non-formal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal.

"Gerakan Pramuka adalah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk  jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya", jelas Bupati Ikfina. 

Di organisasi Gerakan Pramuka ini, lanjut Bupati Ikfina, dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah, dapat belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung-jawab juga belajar memimpin anggota yang lain.

"Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani, bertanggungjawab, berdisiplin dan terampil. Sehingga kita semua harus bangga menjadi anggota Pramuka", lanjut orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mojokerto tersebut.

Di era globalisasi saat ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, pemerintah ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. 

Ditagaskannya, bahwa bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja. Melainkan, juga membangun kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan yang menjadi konsentrasi pembentukan SDM.

Melalui kegiatan LT-3 Tahun 2022 ini, di samping merupakan pelaksanaan program kerja pengurus Kwartir Cabang, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak adanya perlakuan yang berbeda di antara Gugus Depan yang berpangkalan di SMP dan MTs baik negeri maupun swasta yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto.

"Menggalakkan Gerakan Pramuka itu sangat penting, sebab akhir-akhir ini ada kecendrungan Pramuka kurang diminati oleh para pelajar, pemuda dan mahasiswa. Agar Gerakan Pramuka memiliki daya tarik sebagai kegiatan ekstra kurikuler, saya minta dilakukan upaya peningkatan kualitas pembinaan serta pembenahan organisasi dan manejemen, khususnya di Kabupaten Mojokerto", tegas Bupati Ikfina.

Untuk itu, Bupati IKfina menandaskan, pihaknya meminta kepada para kepala sekolah dan kepala Madrasah di Kabupaten Mojokerto, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat atas untuk turut berperan serta mendukung pencapaian tujuan Gerakan Pramuka, khususnya di sekolah. 

"Galang terus persaudaraan dan persahabatan di antara sesama Gerakan Pramuka. Jadikan ini sebagai modal bagi terciptanya kerukunan dan harmoni dalam kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat gugus depan, tingkat ranting, tingkat cabang maupun daerah dan nasional", tandas Bupati Ikfina yang dilanjutkan dilakukan penanda-tanganan Prasasti Lapangan Sidowangi yang digunakan LT-3 Gerakan Pramuka Kabupaten Mojokerto 2022 ini. 

Secara terpisah, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mojerto, DR. H. Didik Chusnul Yakin melaporkan, peserta LT III merupakan perwakilan Kwartir Ranting se Kabupaten Mojokerto yang meliputi 16 regu putra dan 19 regu putri dengan jumlah 280 peserta didik dengan didampingi 35 pembina dan 65 orang panitia dan dewan juri 

“Ada 26 jenis materi lomba, mulai dari kegiatan umum, giat perkemahan, ketangkasan, keterampilan, wawasan kebangsaan, penjelajahan dan seterusnya", lapor Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Mojerto, DR. H. Didik Chusnul Yakin.

Adapun tujuan dari LT-3 ini, lanjut Didik, untuk menngkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki jiwa patriotism, Kepedulian terhadap lingkungan sesame, kedisiplinan dan kemandirian, keterampilan kepramukaan tehnologi dan sosial, bertubuh sehat dan kuat seta memiliki kecerdasan dan ketangguhan.

Kegiatan  LT-3 Kwarcab Mojokerto dengan tema “Berbudaya Berprestasi dan Produktif” ini berlangsung selama 3 har mulai mulai tanggal 25 hingga  27 Juni 2022. Sedangkan regu Pramuka baik putra dan putri yang berprestasi pada LT-3 ini, akan mewakili Kabupaten Mojokerto dalam LT-4 Jawa Timur pada bulan September 2022 di Bumi Perkemahan Coban Rondo Malang. *(get/DI/HB)*