Sabtu, 08 Oktober 2022

Diresmikan Gubernur Khofifah, Jatim Fair 2022 Pamerkan Produk UMKM Dan Layanan Unggulan OPD Pemprov Jatim

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan pembukaan pameran Jatim Fair yang berlangsung mulai Jum'at 07 Oktober 2022 hingga Kamis 13 Oktober 2022, di Grand City Convex Surabaya, Jum'at (07/10/2022).


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa hari ini, Jum'at 07 Oktober 2022, meresmikan pembukaan pameran Jatim Fair yang digelar di Grand City Convex dan akan berlangsung hingga Kamis 13 Oktober 2022. Pameran Jatim Fair kali ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Adapun pameran ini, memamerkan berbagai produk unggulan UMKM Jawa Timur, inovasi OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, inovasi daerah dan BUMD serta berbagai produk unggulan Jatim dengan total 281 stand baik yang dipamerkan online maupun offline. 

Dengan demikian, selain bisa dikunjungi secara offline, masyarakat juga bisa berbelanja produk UMKM Provinsi Jawa Timur yang dipamerkan di Jatim Fair 2022 ini melalui marketplace yaitu Tokopedia.

"Kita terus membangun semangat, sinergitas dan kolaborasi untuk menguatkan UMKM kita. Tidak hanya pelaku usaha di Jatim, tapi juga berbagai daerah lain. Agar UMKM Jawa Timur kita bisa pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat", ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Jum'at (07/0/2022), usai membuka Jatim Fair.

Gunernur Khofifah menjelaskan,  masyarakat bisa berbelanja berbagai macam produk di Jatim Fair. Dijelaskannya pula, bahwa Jatim Fair ini bisa menjadi ajang misi dagang yang mampu meningkatkan transaksi dagang tidak hanya selama pameran.

Gubernur Khofifah pun menjelaskan, pada penyelenggaraan Jatim Fair 2022 kali ini, ia meminta setiap OPD supaya memamerkan inovasi dan layanan keunggulan masing-masing. Terutama dalam layanan kesehatan. 

Seperti RSUD dr. Soetomo berupa Konsultasi Parkinson (Kelainan Saraf pada usia lanjut), Konsultasi Andrologi (Kesuburan pada pria), Rumah Sakit Umum Haji berupa Konsultasi Stroke, Pemeriksaan kadar gula dalam darah dan tekanan darah.

Selain itu, memberikan pelayanan Pemeriksaan Kulit (screening kanker kulit dengan menggunakan dermoskopi), Konsultasi acnevulgaris, melasma, vitiligo, alopecia & hair removal, rosacea dan aging serta pemeriksaan wajah untuk kerutan dan garis halus menggunakan alat Janus Skin Analyzer.

Untuk RS Jiwa Menur, menyediakan pelayanan Konseling psikologi, Konseling dan pemeriksaan anak berkebutuhan khusus dan Rehab medik. 

Adapun Dinkes Jatim, menyediakan pelayanan akupresseur, konsultasi gizi dan obat herbal (pelayanan tradisional) serta screening faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Karena mumpung di ajang ini, maka ini menjadi kesempatan kita untuk mendekatkan layanan kita kepada masyarakat", jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah berharap, di tahun mendatang Jatim Fair dapat dilaksanakan di tempat yang lebih luas dan waktu yang lebih lama. Tidak hanya tujuh hari seperti saat ini.

“Kalau bisa, tahun depan bisa diselenggarakan lebih lama dan di tempat lebih luas lagi. Saya yakin, transaksi perdagangan yang dicapai akan lebih besar dan tentunya ekonomi kita menjadi lebih kuat lagi", kata Gubernur Khofifah, penuh harap.

Ada yang berbeda, pada Jatim Fair dua tahun sebelumnya konser musik ditiadakan karena pandemi Cofid-9, adapun pada Jatim Fair tahun ini konser musik kembali digelar.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Jatim Fair 2022 akan mendatangkan sejumlah penyanyi papan atas. Seperti Tulus, Tipe X, Ndarboy Genk, Fourtwnty serta sejumlah penampilan grup musik lain. *(DI/HB)*