Sabtu, 08 Oktober 2022

Jatim Juara Umum OSN 3 Tahun Berturut-turut, Gubernur Khofifah Apresiasi Semangat Sportif Kompetitif Siswa

Baca Juga



Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Provinsi Jawa Timur (Jatim) kembali mempertahankan gelar sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022. Pengumuman pemenang kompetisi bergengsi tingkat nasional tersebut dilakukan Jum'at (07/10/2022) secara daring.

Pada kompetisi yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini, Provinsi Jawa Timur sukses memborong 75 medali dengan rincian 15 emas, 28 perak dan 32 perunggu.

Perolehan medali tersebut menobatkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara bertahan selama 3 tahun terakhit secara berturut-turut. Disusul Provinsi Banten yang duduk di peringkat 2 (dua) dengan perolehan 34 medali yang terdiri atas 13 medali emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu.

Posisi ke-3 (tiga), diduduki Provinsi Jawa Barat dengan perolehan 50 medali yang terdiri atas 12 medali emas, 16 medali perak dan 22 medali perunggu. Disusul posisi ke-empat diduduki Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 60 medali yang terdiri atas 10 medali emas, 21 medali perak dan 29 medali perunggu.

Adapun posisi terakhir atau ke-5 (lima) diduduki Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan perolehan 19 medali yang terdiri atas 6 medali emas, 6 medali perak dan 7 medali perunggu.

Capaian prestasi tersebut diapresiasi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Gubernur Khofifah menyampaikan, prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak.

Khofifah pun memuji antusias para peserta didik dalam memiliki jiwa sportif kompetitif untuk pengembangan kemampuannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengukir prestasi.

Gubernur perempuan pertama di Provinsi Jawa Timur ini pun menyampaikan, prestasi sebagai juara umum yang diukir siswa di ajang OSN mampu dipertahankan selama 3 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2020 adalah sangat membanggakan 

"Alhamdulillah..., para anak didik kita kembali mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Jawa Timur kembali menjadi juara umum berkat semangat para siswa, para tenaga pendidik, dukungan orang tua dan Dinas Pendidikan Jawa Timur", ujar Gubernur Khofifah, Sabtu (08/10/2022).

Gubernur Khofifah juga menyampaikan, tahun ini Jatim sukses mempertahankan juara umum OSN. Yang mana, pada tahun 2021, Provinsi Jatim meraih 83 medali dengan rincian 29 medali emas, 29 medali perak dan 28 medali perunggu. Adapun pada tahun 2020, Provinsi Jatim meraih 70 medali yang terdiri atas 19 medali emas, 24 perak dan 27 perunggu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menjelaskan, di jenjang SMA/ MA, para siswa memperebutkan medali untuk 9 bidang lomba. Yakni, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/ Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

"OSN ini menjadi wadah pembinaan bagi siswa. Alhamdulillah... Jatim dibawah pimpinan Bu Gubernur Khofifah sukses mempertahankan juara umum tiga tahun berturut-turut. Ini tentu menjadi kebanggan bagi dunia pendidikan Jawa Timur", jelas Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi.

Wahid pun menjelaskan, bahwa proses kompetisi ini sudah dimulai sejak bulan September untuk jenjang SD dan SMP. Sementara pada jenjang SMA/ MA dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan 6 Oktober 2022 secara daring.

Wahid menandaskan, teknis pelaksanaan diawali dengan siswa mengikuti proses seleksi di tingkat kabupaten/ kota lebih dahulu. Kemudian seleksi dilanjutkan di tingkat provinsi yang berkerja-sama dengan pusat assesmen nasional dengan menggunakan jaringan platform UNBK yang dimiliki masing-masing sekolah.

"Sejak digelar pertama kali pada tahun 2002 lalu, Jawa Timur untuk pertama kalinya menjadi juara umum di tahun 2020. Kemudian dipertahankan di tahun 2021 dan 2022. Ini capaian yang luar biasa bagi insan pendidikan Jawa Timur", tandasnya. *(DI/HB)*