Senin, 20 Maret 2023

Mojotirta Festival 2023 Penanda Dimulainya Pembangunan Wisata Bahari Mojopahit

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Mojotirta Festival 2023 di kawasan Jembatan Rejoto, Senin (20/03/2023) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Mojotirta Festival yang secara rutin digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Air Dunia, hari ini, Senin 20 Maret 2023, kembali digelar Pemkot Mojokerto yang ke-4 (empat) kalinya sekaligus penanda dimulainya pembangunan Wisata Taman Bahari Mojopahit di kawasan Rejoto (Kelurahan Pulorejo – Blooto).

"Mojotirta Festival 2023 sekaligus ke-4 (empat) kalinya digelar sebagai penanda akan dibangunnya proyek strategis nasional Wisata Taman Bahari Mojopahit disekitar Sungai Ngotok, Jembatan Rejoto Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat membuka Mojotirto Festival 2023, Senin (20/03/3023), di lokasi.



Salah-satu suasana pembukaan Mojotirta Festival 2023 di kawasan Jembatan Rejoto, Senin (20/03/2023) pagi.


Wali Kota Mojokerto yang akrab degan sapaan Ning Ita ini menyampaikan, di antara rangkaian acara Mojotirta Festival 2023 ini terdapat acara prosesi 'Umbul Donga Tirta Amerta'. Melalui prosesi tersebut akan dilantunkan do'a yang bertujuan untuk kelancaran pembangunan tempat wisata yang akan menjadi kebanggaan warga Kota Mojokerto ini.

"Melalui umbul dunga dalam Mojotirta Festival 2023 ini, semoga seluruh pembangunan sampai nanti dibukanya pariwisata ini benar-benar memberi dampak untuk trigger ekonomi masyarakat Kota Mojokerto, khusunya ekonomi kerakyatan atau UMKM yang merupakan sektor penunjang PDRB terbesar di Kota Mojokerto ini", ujar Ning Ita, penuh harap.



Salah-satu suasana pembukaan Mojotirta Festival 2023 di kawasan Jembatan Rejoto, Senin (20/03/2023) pagi.


Usai prosesi 'Umbul Donga Tirta Amerta', Ning Ita bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto melakukan tabur benih ikan di Sungai Ngotok. Adapun 'Tirta Amerta' yang dilarung dalam prosesi tersebut diambil dari 7 sumber mata air. Yaitu dari Jolotundho, Sumur Upas Candi Kedaton, situs Sitiinggil, Sumur Sakti Gajah Mada, situs Tribuana Tungga Dewi dan air Sumur Towo Kubur Panjang.

Mojotirta Festival ke-4 (empat) ini sendiri digelar selama 2 (dua) hari, yaitu Selasa (20/02/223) ini dan Rabu (21/3/2023) besok. Di hari pertama pelaksanaan Mojotirta Festival 2023 ini, ada acara Umbul Donga Tirta Amerta, penampilan tarian tradisional serta pertunjukan seni barongsai dan bantengan.

Adapun di hari ke-2 (dua), warga bisa menikmati pertunjukan teatrikal Bumi, Geni, Banyu, Angin dari Sanggar Lokapala serta seni tradisonal campursari dan kuliner tradisional. *(DI/HB)*