Rabu, 31 Mei 2023

Pagelaran Ludruk Di HUT Ke-105 Kota Mojokerto Undang Cak Kirun Dan Slênthêm

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto pada Kamis (01/06/2023) besok akan menggelar pagelaran Ludruk Karya Budaya. Untuk memeriahkan pagelaran ludruk tersebut, akan didatangkan pelawak kondang sebagai bintang tamu, yakni Cak Kirun dan Cak Slênthêm.

Pagelaran Ludruk Karya Budaya dengan bintang tamu Cak Kirun dan Cak Slênthêm yang akan digelar di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purwotengah Kota Mojokerto jalan Taman Siswa No. 16 Kota Mojokerto tersebut, digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Kota Mojokerto.

Menariknya, pada rangkaian acara Pagelaran Ludruk Karya Budaya dalam rangka peringatan HUT ke-105 Kota Mojokerto yang dimulai pada Kamis (01/06/2023) malam sekitar pukul 19.00 WIB, akan diadakan Quiz Berhadiah 8 (delapan) sepeda onthél.

Sebagai informasi, ludruk merupakan kesenian 'guyonan' asal Jawa Timur. Ludruk berawal dari pertunjukan keliling yang kemudian berkembang menjadi sandiwara yang menghibur banyak orang.

Ludruk merupakan kesenian teater rakyat Jawa Timur yang berasal dari kalangan rakyat jelata. Kisah yang diangkat merupakan cerita sehari-hari yang dekat dengan kehidupan masyarakat.

Ludruk dimainkan oleh beberapa orang dan masih kerap dipagelarkan pada berbagai event. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti, diselingi guyonan dan gerak yang bisa membuat penonton terpingkal-pingkal.

Ludruk merupakan salah-satu jenis teater tradisional. Artinya, ludruk tumbuh dari ekspresi rakyat kebanyakan. Tema-tema cerita yang dibawakan muncul dari permasalahan rakyat sehari-hari.

Ludruk dipagelarkan dengan menggunakan bahasa yang digunakan rakyat sehari-hari, karena itu ludruk dinilai sebagai teater rakyat. Dalam pagelaran ludruk, biasanya ada unsur tari remo, dagelan, selingan kemudian cerita (lakon). *(DI/HB)*