Kamis, 13 Juli 2023

Bupati Mojokerto Gelar Bimtek Transisi Peserta Didik PAUD Ke SD

Baca Juga

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat memberikan pencerahan pada peserta Bimtek di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Kamis (13/07/2023) petang.


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penguatan transisi peserta didik dari PAUD ke sekolah dasar (SD). Upaya ini agar peserta yang terdiri dari guru SD kelas 1 dan 2 mampu memahami cara pembelajaran sebagai pondasi yang harus dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sejak PAUD sampai SD kelas awal.

"Transisi PAUD ke SD untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya. Transisi PAUD ke SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru", terang Bupati Ikfina, pada 400 peserta Bimtek yang dipusatkan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Kamis (13/07/2023) petang.

Bupati Ikfina yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto menjelaskan, penguatan transisi peserta didik dari PAUD ke SD sangat penting untuk memperbaiki kesalahan konsep di lapangan. Kesalahan konsep tersebut antara lain penerapan tes calistung pada tahap penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Demikian Juga dengan pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan pondasi harus dilakukan bertahap dan berkelanjutan sejak PAUD sampai SD kelas awal. Kemampuan pondasi pada peserta didik meliputi kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan pondasi lainnya.

"Membangun kemampuan pondasi merupakan suatu proses bertahap dan berkelanjutan yang dibangun sejak PAUD hingga SD kelas awal dengan memberikan ruang dan fasilitas untuk wadah ekspresi anak-anak kita", jelas Bupati Ikfina.


Salah-satu suasana pencerahan pada peserta Bimtek di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Kamis (13/07/2023) petang.

Menurut Ikfina, Bimtek transisi PAUD ke SD hari ini juga menindak-lanjuti komitmen Bunda PAUD di Jakarta 07 Juni 2023. Ia berharap semua peserta Bimtek menjadi garda terdepan dalam mengawal pembentukan karakter bangsa yang sejalan dengan konsep Nawacita yang digagas Presiden Republik Indinesia Joko Widodo.

"Fokusnya kajian revolusi mental untuk melahirkan generasi berkualitas melalui pendidikan di Kabupaten Mojokerto", tegas Bupati Ikfina.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Mojokerto Ludfi Ariyono menambahkan, setelah Bimtek hari ini, setiap peserta wajib membuat rencana aksi transisi PAUD ke SD. Menurutnya, program ini untuk memastikan setiap anak memiliki kemampuan pondasi sebagai pembelajar sepanjang hayat.

"Kemampuan pondasi dibangun secara berkesinambungan sejak di PAUD hingga SD kelas awal, agar proses pembelajaran tranisi dari PAUD menuju SD ini tepat sasaran, maka perlu dilakukan Bimtek seperti ini", tambah Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Mojokerto Ludfi Ariyono.

Ludfi menegaskan, peserta Bimtek transisi PAUD ke SD ini melibatkan 400 guru kelas 1 dan 2 SD di Kabupaten Mojokerto. Bupati Ikfina yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto menjadi salah-satu narasumber dalam Bimtek ini. Sedangkan 3 narasumber lainnya adalah Kusworo Rini dari SDN Jampirogo, Hanik Muzayanah dari SDN Sooko 1 serta Wiedy Putri Fauziah dari TKN Jetis. Ketiganya telah mengikuti Bimtek transisi PAUD ke SD yang digelar BBPMP Jatim 11–12 Juli 2023.

Selain Bupati Ikfina selaku Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto dan Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Mojokerto Ludfi Ariyono, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, Kepala Kantor Kemenag, Ketua Pokja Bunda PAUD, bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Mojokerto, perwakilan IGTKI, IGRA, HIMPAUDI dan HP3 selaku mitra PAUD serta perwakilan pengawas SD dan penilik. *(get/DI/HB)*