Kamis, 17 Agustus 2023

Upacara HUT Ke-78 RI, Wali Kota: Wujud Syukur Dan Semangat Kemerdekaan RI

Baca Juga


Salah-satu suasana Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat memimpin jalannya Upacara Bendera pada HUT ke-78 RI tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kota Mojokerto di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Kamis (17/08/2023) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota Mojokerto hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 pagi, menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto.

Usai memimpin jalannya upacara tersebut, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di antaranya menyampaikan, bahwa upacara Pengibaran Bendera Merah Putih menjadi bagian penting dalam Peringatan HUT RI.

"Kita sebagai bagian anak bangsa, bentuk rasa hormat kita memperingati kemerdekaan yang sudah berusia 78 tahun ini sehingga kita bersama-sama mewujudkan rasa syukur dan semangat itu dengan melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih", kata Wali Kota Mojokerto usai upacara pengibaran bendera pada Kamis, (17/08/2023) pagi.

Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menjelaskan, bahwa Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto dipilih untuk menjadi tempat pelaksanaan upacara karena alun-alun merupakan pusat kota sehingga Upacara Peringatan HUT ke+78 RI menjadi lebih semarak.

"Tahun 2023 ini kami lakukan di Alun-alun Kota Mojokerto, karena alun-alun ini kan pusat kota, supaya semarak atau resonansinya ini bisa menyebar keseluruh Kota Mojokerto pengibaran kita laksanakan di pusat kota tepat di Alun-alun dan juga masyarakat umum bisa melihat secara langsung", jelas Ning Ita.

Salah-satu suasana jalannya Upacara Bendera pada HUT ke-78 RI tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kota Mojokerto di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Kamis (17/08/2023) pagi.


Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto ini juga menyampaikan harapannya agar tema yang diangkat pada HUT ke-78 "Melaju Untuk Indonesia Maju" ini selaras dan berseiring dengan tema HUT Kota Mojokerto yang ke 105 "Hebat, Kuat, Melesat".

"Artinya, semangat yang ada di Kota Mojokerto dengan semangat nasional itu sama, kita ingin bangkit, kita ingin menjadi kuat dan melaju pesat dalam rangka membangun negeri ini yang dimulai dari daerah tentunya untuk mendukung apa yang menjadi tujuan nasional", pungkasnya.

Sementara itu, Upacara Bendera HUT ke-78 RI Tahun 2023 ini dihadiri jajaran pejabat Forkopimda Kota Mojokerto, Pimpinan DPRD Kota Mojokerto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan Lurah se di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto serta undangan lainnya

Sementara itu pula, Upacara Bendera HUT ke-78 RI Tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kota Mojokerto di Alun-alun Wiraraja pada Kamis (17/08/2023) pagi ini, bertidak selaku Komandan Upacara adalah Pasi Intel Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf. Prima Aditya Yanuarko. 

Upacara tersebut diikuti Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, TNI–Polri, Pimpinan Ormas serta organisasi kepemudaan di Kota Mojokerto juga sejumlah perwakilan pelajar SMP–SMA Kota Mojokerto.

Adapun bertindak selaku pembawa bendera adalah Cintya Shinta Shafarida dari SMA 2 Kota Mojokerto, sedangkan pasukan pengibar bendera adalah Alfena Novtriana dan Muhammad Riski Ar Rafi dari SMAN 1 Kota Mojokerto serta Ahmad Akbar Hidayatullah dari SMKN 1 Kota Mojokerto.

Usai memimpin jalannya Upacara Bendera pada HUT ke-78 RI tahun 2023 tersebut, Wali Kota Mojokerto memberikan dokumen RU II (Remisi Umum Seluruhnya) kepada 4 Nara Pidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mojokerto yang mendapatkan remisi HUT ke-78 RI dan bersama jajaran Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi secara virtual di Ruang Sabha Mandala Madya Balai Kota Mojokerto. *(law/an/HB)*