Kamis, 07 Desember 2023

Setelah Dikukuhkan, Ning Ita Berharap KKD Segera Tancap Gas Melaksanakan Program Kegiatan

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan dalam acara Pengukuhan KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024, di Sabha Mandala Madya, Kantor Setda Kota Mojokerto, jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto, Kamis 07 Desember 2023.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari hari ini, Kamis 07 November 2023, mengukuhkan Komite Komunikasi Digital (KKD) Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024. Pengukuhan KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024 tersebut, dihelat di Sabha Mandala Madya, Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mojokerto, jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto.

Usai mengukuhkan KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024, di antara sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menyampaikan rasa syukurnya, karena masih berkesempatan mengukuhkan KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024 di penghujung masa jabatannya sebagai Wali Kota Mojokerto periode tahun 2018–2023.

"Alhamdulillah saya bersyukur, Komite Komunikasi Digital (KKD) Kota Mojokerto telah dikukuhkan. (Red: Kota Mojokerto) sebagai Daerah Tingkat II (dua) pertama di Jawa Timur yang sudah mengukuhkan KKD. Karena ini bagian dari amanat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor: 188/275/KPPS/013/2022 tentang Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur periode 2022 hingga 2024", ujar Ning Ita, Kamis (07/12/2023), di lokasi.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kita Mojokerto tersebut menegaskan, bahwa Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor: 188/275/KPPS/013/2022 tentang Komite Komunikasi Digital Provinsi Jawa Timur periode 2022 hingga 2024 tersebut, merupakan amanat bagi Pemerintah Kota Mojokerto untuk membentuk KKD.

"Maka semangat kita adalah mendukung apa yang menjadi tujuan, target yang akan dicapai oleh Provinsi Jawa Timur terkait dengan peningkatan Indeks Literasi Digital (ILD). Karena parameter untuk mengukur sejauh mana literasi digital ini telah terpublikasikan kepada masyarakat, termasuk didalamnya mengukur pilar-pilar kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital", tegas Ning Ita.

Wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto tersebut menjelaskan, bahwa sebagai bagian salah-satu dari 38 (tiga puluh delapan kabupaten/ kota yang ada di Jawa Timur, Kota Mojokerto ikut berupaya menyukseskan target yang akan dicapai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Maka, saya punya harapan besar kepada seluruh anggota KKD Kota Mojokerto yang baru saja dikukuhkan, bisa segera tancap gas untuk segera melaksanakan program-program kegiatan yang sudah disusun sebelumnya agar target yang akan dicapai di sisa waktu 1 (satu) tahun ke depan ini bisa terealisasi sesuai dengan harapan", jelas Ning Ita.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat mengukuhkan anggota pengurus KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024, di Sabha Mandala Madya, Kantor Setda Kota Mojokerto, jalan Gajah Mada No. 149 Kota Mojokerto, Kamis 07 Desember 2023.


Ditandaskan Ning Ita, bahwa pihaknya berharap seluruh anggota KKD yang telah dikukuhkan pada hari ini, mampu melaksanakan amanah dengan baik dan senantiasa dalam lindungan dan ridho Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia pun berharap, Pemilu yang akan digelar secara nasional pada tanggal 14 Februari 2024 menjadi Pemilu yang damai, Pemilu yang dingin, yang adêm tanpa ada perpecahan dan gesekan.

"Semua itu bisa kita wujudkan dengan mengantisipasi adanya berita-berita hoaks, baik yang disebar melalui media sosial maupun media lainnya. Maka di sini peran KKD Kota Mojokerto cukup strategis untuk bisa ikut mengamankan, menyukseskan Pemilu damai 2024", tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur Arif Rahman di antaranya sambutannya berterima-kasih kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang telah mengukuhkan kepengurusan Komite Komunikasi Digital Kota Mojokerto 2023–2024.

“Komite Komunikasi Digital Kota Mojokerto adalah satu-satunya daerah di Jawa Timur yang sudah membentuk Komite Komunikasi Digital sesuai surat keputusan Gubernur Jawa Timur", ujar Ketua AMSI Jawa Timur Arif Rahman.

Ditegaskan Arif Rahman, bahwa keberadaan Komite Komunikasi Digital sangat dibutuhkan dalam  Pemilu 2024. Berdasarkan pengalaman pada Pemilu sebelumnya, dalam Pemilu sangat rentan terjadi polarisasi yang salah-satunya bertujuan memecah-belah anak bangsa.

“Hal ini yang menjadi tantangan Komite Komunikasi Digital Kota Mojokerto. Indonesia ingin mencapai Indonesia emas di tahun 2045. Untuk mencapai itu, peningkatan ekonomi di Indonesia minimal wajib naik 7% per tahun. Kita harus menjaga disitu", tegasnya.

Selain Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, pengukuhan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, para pejabat Forkopimda atau yang mewakili juga para organisasi Perangkat Daerah Kota Mojokerto, pada Camat dan Lurah se Kota Mojokerto serta seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Mojokerto.

Dalam kepengurusan KKD Kota Mojokerto masa bakti 2022–2024 tersebut, Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias menjabat sebagai Ketua Umum, Nurkholis Direktur Radar Mojokerto menjabat sebagai Ketua Harian dan Ketua PWI Mojokerto Sholahudin Wijaya menjabat sebagai Wakil Ketua Harian. *(DI/HB/Adv)*