Rabu, 08 Agustus 2018

TMMD 102/2018 Kodim 0815 Di Kabupaten Mojokerto Resmi Ditutup

Baca Juga

Irwasda Polda Jatim, Kombes Pol Soetarjo, SH saat memimpin jalannya upacara penutupan TMMD 102 tahun 2018 di lapangan Bleberan Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto, Rabu (08/08/2018) pagi.

Kab. MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Sebulan penuh pelaksanaan program tradisi Tentara Nasional Indonesia bertajuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018 yang diousatkan di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto ditutup dengan seremonial upacara di lapangan Bleberan Kecanatan Jatirejo dengan dihadiri segenap pemangku kepentingan masyarakat, Rabu (08/08/2018) pagi.

Selama 30 hari penuh, Satgas TMMD 102/ 2018 melakukan berbagai kegiatan di desa kecil yang berlokasi dikawasan tepi hutan Gunung Semar dan memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Dipusatkannya kegiatan TMMD 102 di desa yang hanya terdiri dari 79 rumah yang dihuni oleh 370 jiwa dan lokasinya terpencil ini, karena selama ini di Desa Jembul belum banyak tersentuh pembangunan.

Dengan adanya TMMD 102, jalan tembus sepanjang 1,7 Km itu maka Desa Jembul dan Dusun Blentreng serta Desa Ngembat Kecamatan Gondang telah terhubung. Selain itu, TMMD 102 juga melakukan berbagai perbaikan yang berhubungan dengan kepentingan warga Desa Jembul dan sekitarnya.


Proses penanda-tanganan berita acara hasil TMMD oleh Komandan SSK TMMD ke 102 Kapten Inf. Desto Jumeno, Rabu (08/08/2018) pagi, di lapangan Bleberan Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto.

Setelah sebulan penuh pelaksanaan program tradisi TMMD 102 di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, hari ini ditutup dengan seremonial upacara. Dimana, bertindak sebagai Irup (inspektur upacara) penutupan TMMD adalah Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jatim, Kombes Pol Soetarjo.

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi serta Komandan Kodim 0815, Letkol Kav Hermawan Weharima. Dengan membacakan sambutan tertulis Kepala Staf TNI AD, tentang raihan hasil TMMD yang telah dilaksanakan secara secara nasional.

“TMMD dalam skala nasional telah berhasil melalukan rehab lebih dari 200 unit rumah tidak layak huni, pembukaan jalan baru sepanjang 86 km, pengerasan dan betonisasi jalan sepanjang 60 km, perbaikan 30 rumah ibadah, 8 sekolah, pembuatan 43 unit MCK, jembatan dengan total panjang 252 meter, Poskamling dan drainase di lebih dari 30 desa, pemberian kambing pada peternak binaan dan penanaman 3500 batang pohon di lahan konservasi", urai Irwasda Polda Jatim Kombes Pol Soetarjo, Rabu (08/08/2018) pagi, di lapangan Bleberan Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto.

Dalam kegiatan TMMD 102 ini, Satgas TMMD 102 Kodim 0815 tidak hanya melakukan pembangunan fisik saja. Melainkan, juga diberikan edukasi yang dilakukan oleh Satgas TMMD 102 beserta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Diantaranya melakukan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kerukunan umat bergama, bahaya Narkoba dan radikalisme. Juga disampaikan penyuluhan tentang pemeliharaan Kamtibmas, pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan, program Keluarga Berencana serta pertanian dan peternakan.

Dalam upacara penutupan, Irwasda Polda Jatim juga menyelipkan harapan agar semua upaya yang telah dilakukan TMMD mampu memberi kontribusi positif bagi masyarakat. Diharapkannya pula, upaya ini menjadi pemicu bagi masyarakat untuk menyongsong kehidupan yang lebih berkembang dan hidup guyub, rukun dan sejahtera. *(DI/Red)*