Rabu, 09 Januari 2019

Presiden RI Joko Widodo Lantik Letjen Doni Monardo Sebagai Kepala BNPB

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo saat memberikan ungkapan selamat kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo atas jabatan barunya sebagai Kepala BNPB, Rabu (09/01/2019), di Istana Negara – Jakarta.

Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo resmi melantik Letnan Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pelantikan berlangsung di Istana Negara – Jakarta, Rabu (09/01/ 2019). Doni Monardo dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam pelantikan tersebut, Doni Monardo juga diambil sumpah jabatannya oleh Presiden RI Joko Widodo. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara", ucap Doni dalam sumpah jabatannya, Rabu (09/01/2019), di lokasi.


Presiden RI Joko Widodo saat mengambil sumpah Letnan Jenderal TNI Doni Monardo atas jabatannya sebagai Kepala BNPB, Rabu (09/01/2019), di Istana Negara – Jakarta.

Selepas acara, Presiden RI Joko Widodo menuturkan, bahwa BNPB dalam menghadapi potensi bencana di Indonesia membutuhkan kepemimpinan dan penguasaan lapangan yang kuat. Menurut Presiden, kepemimpinan tersebut ada dalam diri Doni Monardo.

“Kita harus tahu dan sadar bahwa negara ini dikelilingi oleh _ring of fire_ sehingga perlu sebuah manajemen dan kepemimpinan yang kuat untuk mengonsolidasi agar cepat merespons bencana yang ada. Saya lihat Pak Letnan Jenderal Doni Monardo ini orangnya", tutur Presiden.

Presiden RI Joko Widodo menandaskan, dalam waktu dekat, Kepala BNPB yang baru memiliki tugas besar untuk merehabilitasi dan merekonstruksi wilayah-wilayah terdampak bencana seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung juga daerah-daerah lain. “Saya kira pekerjaan besar bagi Pak Doni Monardo ini masih banyak sekali", tandasnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga sejumlah Menteri Kabinet Kerja serta segenap pimpinan lembaga tinggi negara yang sekaligus turut memberikan ucapan selamat kepada Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, selepas acara pelantikan. *(Ys/HB)*