Jumat, 08 Februari 2019

Kodim 0815 Kerahkan 1 SST Prajurit Untuk Karya Bakti Bersihkan Sungai Empu Nala

Baca Juga

"Peran Serta Kodim 0815 Mojokerto Dalam Prokasih"

Salah-satu suasana karya bakti pembersihan sungai sepanjang jalan Empu Nala – simpang empat Sekar Putih, Jum'at (08/02/2019) pagi.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan Satu Pleton (SST) Prajurit dari Koramil seluruh jajarannya untuk melaksanakan karya bakti pembersihan sungai sepanjang jalan Empu Nala – simpang empat Sekar Putih, di kawasan wilayah Kecamatan Magersari Kota Mojokerto – Jawa Timur, Jum’at (08/02/2019).

Menariknya, para personil Kodim 0815 yang diterjunkan itu tampak tanpa canggung sedikitpun melaksanakan Karya bakti dengan target membersihan sampah yang menyangkut disepanjang penampang dan bantaran sungai mulai dari sungai yang berada di kawasan jalan Empu Nala hingga Kelurahan Balongsari hingga penampang dan bantaran sungai di simpang empat Sekar Putih Kelurahan Kedundung yang lebih kurangnya berjarak sepanjang 2 KM.

Selain dari Kodim 0815 Mojokerto, kegiatan karya bakti Prokasih yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto ini juga melibatkan Polres Mojokerto Kota, perwakilan OPD di lingkup Pemkot Mojokerto, Camat dan Lurah se-Kota Mojokerto, Tagana, Karang Taruna serta warga masyarakat Kelurahan Balongsari dan Kelurahan Kedundung.

Danramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Desto Jumeno selaku Perwira Pengendali dari SST Kodim 0815 Mojokerto menerangkan, bahwa pengerahan personil Kodim 0815 dan Koramil jajaran dalam kegiatan ini guna mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) yang di gagas Pemkot Mojokerto.

"Program Kali Bersih ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Keterlibatan personil Kodim 0815 dalam kegiatan Prokasih ini merupakan bentuk Sinergitas TNI dengan Pemda beserta masyarakat guna mendukung dan menyukseskan program pemerintah daerah", terang Danramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto, Kapten Inf Desto Jumeno bersama Camat Kranggan Rachmi Widjajanti, SSos., MM. saat dijumpai di lokasi, Jum'at (08/02/2019) pagi.

Gabungan aparat TNI – Polri – Pemkot Mojokerto dan komponen masyarakat itu saling bahu-membahu dan bergotong-royong membersihkan sampah secara manual menggunakan garpu, sabit, cangkul dan garu. Tampak suasana penuh keakraban saat kegiatan berlangsung yang ditandai dengan obrolan santai yang diselingi dengan senda gurau.

Tampak pula, dua unit mobil pick up dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Mojokerto disiapkan untuk mengangkut dan membuang sampah ke TPA Randegan yang ada di wilayah Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.

Sebagai informasi, bahwa Program Kali Bersih ini merupakan program nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam upaya pengendalian pencemaran air, yang pelaksanaannya dilakukan Pemerintah Daerah, baik Pemprov maupun Pemkab/Pemkot. *(DI/HB)*