Minggu, 19 April 2020

TNI Distribusikan APD Covid-19 Ke Sejumlah Daerah

Baca Juga




Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Prajurit TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus bekerja-keras untuk memenuhi kebutuhan medis di sejumlah daerah yang dianggap kurang. Seperti pada pengiriman sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan Masker Covid-19 dari Gugus Tugas Nasional ke Wilayah Indonesia Timur, yakni ke Ternate dan Maluku.

Pengiriman APD ke Ternate pada Sabtu 18 April 2020, dengan menggunakan pesawat TNI AU B737, nomor penerbangan A. 7304 melalui rute peneebangan dari Kupang menuju NTT kemudian menuju Ternate. Sedangkan pengiriman APD dan Masker ke Provinsi Maluku, berlangsung pada Minggu 19 April 2020.

Peralatan medis yang diangkut pesawat TNI tersebut berupa APD (50 koli) dan Masker 1.000 pcs. Jumlah peralatan sama untuk kedua Provinsi yaitu Ternate dan Maluku.

Untuk Provinsi Ternate akan diterima langsung oleh Dinkes Provinsi Ternate. Sedangkan di Provinsi Maluku akan dijemput oleh pihak TNI yaitu Slog Kodam Pattimura dan Kesdam Pattimura. Rencana penyerahan ke Dinkes Provinsi Maluku akan dilakukan oleh pejabat TNI di daerah, yaitu Asops Kodam Pattimura pada Senin 20 April 2020.


Sementara itu, Provinsi Aceh menerima APD dengan menggunakan pesawat A-7306  milik TNI AU pada Sabtu (18/04/2020) sore.
Bantuan Alat Kesehatan Penanggulangan Covid-19 dari Pusat penanggulangan Krisis Kemenkes  yang diterima berupa APD 150 pices, masker bedah 1000 pices, masker N-95 200 pices dan hand sanitizer 500 pices. Sedangkan dari Diskesau untuk Lanud Iskandar Muda, sebanyak 100 unit Rapid Test.

Pada Sabtu (18/4/2020) siang, TNI juga mengangkut 40 box  APD menggunakan pesawat TNI AU dengan nomor pesawat A 2907 dan diterima langsung oleh BNPB Provinsi Lampung. Begitu tiba di Lampung, APD tersebut langsung didistribusikan ke sejumlah Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung.

Apa yang dilakukan oleh TNI telah diapresiasi oleh Kepala Pusat Krisis (Kapuskris) dan staf Kemenkes RI Kapuskris dr. Budi Silpana dengan memberi jempol dua bagi TNI atas kecepatan dan ketepatan pengiriman dan pendistribusian sejumlah Alat Kesehatan diberbagai daerah dalam waktu beberapa hari terakhir ini.

Alkes yang terdistribusi pada hari ini (Sabtu, 18/04/2020) telah berjalan lancar dan lebih terkoordinasi dengan baik oleh berbagai pihak, atas kerja sama yang dimotori oleh TNI baik di pusat dan daerah.  Kemudian, yang lebih penting dapat langsung tepat sasaran kepada unsur daerah yang membutuhkan Alkes tersebut atas kerja-keras yang dilakukan oleh TNI dan sejumlah pihak terkait lainnya. *(Ril/HB)*