Senin, 03 Mei 2021

Operasi “Mesra” Polres Mojokerto Amankan 4 Tersangka Dan 69,5 Kg Serbuk Petasan

Baca Juga


Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander saat konferensi pers di Mapolres Mojokerto jalan Gajah Mada No. 99  Mojosari – Kabupaten Mojokerto.


KAB. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Polres Mojokerto berhasil mengamankan 4 Tersangka berikut 69,5 kg serbuk petasan berikut 2.237 petasan siap pakai dari beberapa tempat, hasil operasi “Mesra” (Mojokerto Sehat Tertib Ramadhan) di wilayah Polres Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menerangkan, penggerebekan pertama menyasar industri rumahan bubuk petasan di Desa Baureno Kecamatan Jatirejo Kabupaten pada Sabtu (24/04/2021) sekitar pukul 21.30 WIB. Pihaknya meringkus Mulyadi (46) pemilik home industry petasan tersebut.

“Kita melakukan pengungkapan di 2 TKP. Yang pertama di Desa Baureno kecamatan Jatirejo, berhasil mengamankan 1 orang tersangka atas nama Mulyadi berusia 46 tahun.  Dari informasi masyarakat bahwa Cak Mul (Mulyadi) ini orang yang bisa membuat petasan berskala besar. Cak Mul (Mulyadi) meracik sendiri bahan-bahan menjadi bubuk petasan. Kemudian menjual bubuk petasan tersebut ke masyarakat seharga Rp. 150 ribu per Kilogram", terang Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander dalam konferensi pers di Mapolres Mojokerto jalan Gajah Mada No. 99 Mojosari – Kabupaten Mojokerto.

Lebih lanjut, Kapolres Mojokerto menjelaskan, tersangka Mulyadi ini ada niatan untuk menjual petasan skala besar saat malam takbiran. Tersangka ini pada tahun 1997 menjadi salah-satu korban akibat petasan. Yang mana, jari tangan kirinya harus diamputasi akibat ledakan ketika memasukkan obeng saat membuat petasan.

“Di kediaman Mulyadi kami mengamankan 25 Kilogram belerang, 5 Kilogram serbuk brown, 100 lembar kertas sumbu dan 1 Kilogram serbuk sendawa. Dari bahan-bahan ini kami melakukan pengembangan ke Desa Balongmacekan Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Disana kami mengamankan Suwono dan Kaseran sebagai Tersangka, berikut menyita  bahan kemasan plastik 1 Kilogram dan kemudian total dari serbuk black ini sebanyak 57 Kilogram yang sudah disiapkan untuk bisa siap edar", jelas AKBP Dony Alexander.

AKBP Dony Alexander mengungkapkan, dari hasil penagkapan di Tarik–Sidoarjo dan Jatirejo–Mojokerto, petugas mengembangkan lagi di wilayah Puri Kabupaten Mojokerto dan mengamankan Roib sekaligus 11 kilogram petasan, 1,15 Kilogram serbuk petasan dibungkus plastik dan 172 buah petasan siap ledak.

"Jadi total keseluruhan barang bukti yang kita ungkap dari Polres Mojokerto dan jajaran Polsek adalah sebanyak 69,5 kg serbuk petasan dan 2.237 petasan siap pakai", ungkap Kapolres Mojokerto.

“Ini adalah suatu keberhasilan kita bersama. Saya selaku Kapolres Mojokerto mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan warga masyarakat Mojokerto, dimana warga masyarakat sekarang sudah berani melapor dalam rangka untuk menciptakan keamanan ketertiban dan kenyamanan bulan suci Ramadan", tandas Kapolres Mokokerto AKBP Dony Alexander. *(get/DI/HB)*