Rabu, 06 Oktober 2021

Pemprov Jatim Gelar ASN Achievement Awards 2021, Ini 5 Finalisnya

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang bertema “Jatim Bangkit”, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menggelar Aparatur Sipil Negara (ASN) Achievement Awards bagi Pemerintah Kabupaten/ Kota Se-Jatim Tahun 2021.

Kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan BPSDM Provinsi Jawa Timur tersebut, merupakan inisiasi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai upaya untuk mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) kabupaten/ kota se-Jatim. 

Adapun ASN Achievement Awards 2021 kali ini sendiri dibagi menjadi dua kategori. Pertama, bagi kepala daerah akan diberikan Penghargaan Lencana Jer Basuki Masa  Beya Emas. Kedua, bagi Lembaga Instansi Perangkat Daerah BKD/ BKPSDM kabupaten/ kota akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Gubernur Jatim.

Terkait ASN Achievement Award tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerangkan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemprov Jatim kepada kabupaten/ kota baik kepala daerah maupun lembaga instansi perangkat daerah yang serius mengembangkan kompetensi ASN di wilayahnya masing-masing.

“Kami memberikan apresiasi kepada kepala daerah dan instansi terkait dalam pengembangan SDM ASN. Perhatian yang serius para kepala daerah akan menjadikan semangat bagi para ASN untuk terus berbakti bagi daerahnya agar lebih maju dan sejahtera rakyatnya", terang Gubernur Jatim Khofifah indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (05/10/2021).



Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim tersebut menjelaskan, keseriusan terhadap pengembangan ASN ini merupakan hal yang penting. Pasalnya, ASN adalah pelayan masyarakat, maka mereka harus memiliki kualitas dan ilmu wawasan yang lebih dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN hari ini diharapkan bekerja melebihi tugas dan tanggung-jawab. Maka, ASN bekerja tidak hanya dalam jam kerja saja. Quick respon (respon cepat). Membutuhkan kita anytime, harus siap memberikan layanan kepada masyarakat. Hal-hal seperti ini yang diharus diberikan pemahaman kepada para ASN baik di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Dalam akronim yang dikembangkan Pemprov yang dikenal  CETTAR yaitu cepat, efektif- efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif", jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur perempuan pertama di Provinsi Jawa Timur ini menegaskan, ASN harus profesional dan cakap dlm melayani, prinsip Cettar (cepat, efektif efisien, tanggap, transparan, akuntabel dan responsif) mereka harus miliki terutama sesuai dengan Tagline dari Presiden yaitu ASN Ber-AKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) serta ASN bangga melayani bangsa.

“Di tangan para ASN rakyat akan semakin diperhatikan dan terlayani dengan baik dan cepat, sehingga prinsip ASN sebagai pamong akan terwujud di tengah masyarakat. Maka, pengembangan kompetensi harus dapat diberikan seluas-luasnya agar mereka mendapatkan wawasan yang cukup dalam melaksanakan tugas pengabdiannya", tegas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun akan datang dan menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui BPSDM Provinsi Jatim. 

“Nantinya akan berdampak terhadap kesungguhan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota untuk terus meningkatkan kualitas para ASN-nya melalui pengembangan kompetensi yang masif yang akan berdampak terhadap percepatan dan kualitas  pelayanan kepada masyarakat di daerahnya", pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPSM Provinsi Jatim Aries Agung Paewai menerangkan, ASN Achievement Awards adalah tindak-lanjut dari yang diharapkan Gubernur Jatim agar BPSDM Provinsi Jawa Timur sebagai Corporate University memberikan pelatihan terintegrasi yang lebih luas dan masif bagi Pengembangan Kompetensi ASN di Provinsi Jawa Timur dengan berbagai metode pelatihan yang sangat mudah dan dapat diakses setiap saat melalui media online maupun langsung secara klasikal disesuaikan kebutuhan para ASN. 

Diterangkannya pula, dari wadah yang disiapkan ini, maka apa yang dilakukan ASN untuk pengembangan kompetensi perlu diapresiasi terutama perhatian dari Pemerintah Daerah  Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sehingga para ASN dapat diberikan kesempatan yang luas untuk mendapatkan pengembangan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan. 

“Saya baru merasakan betul perhatian Ibu Gubernur Jawa Timur terhadap pengembangan kompetensi ASN yang begitu tinggi sehingga beliau terus memberikan motivasi kepada kami semua untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelatihan bagi ASN dengan berbagai metode yang lebih inovatif", terang Kepala BPSM Provinsi Jatim Aries Agung Paewai.

Lebih lanjut, Arien menjelaskan, kegiatan ASN Achievement Awards 2021 kali ini dimulai dengan serangkaian tahapan yang dilakukan panitia di BPSDM Provinsi Jawa Timur. Antara lain tahapan pendaftaran bagi kabupaten dan kota secara online 19 Agustus – 5 September 2021, pengumpulan dan melengkapi administrasi 6 – 15 September 2021

Kemudian, dilakukan verifikasi administrasi dari Tim Verifikator pada 16 – 25 September 2021. Selanjutnya, Pengumuman Hasil Verfikasi Berkas, dilaksanakan pada 26 September 2021.

Berikutnya, pengumuman 5 (lima) Nominator Finalis ASN Achievement Awards 2021 pada tanggal 28 September 2021. Adapun kelima Nominator Finalis ASN Achievement Awards 2021 yaitu Kabupaten Magetan, Kabupaten Sumenep, Kota Surabaya, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Tuban.

Kepada Nominator Finalis Achievement Awards 2021 tersebut selanjutnya akan mengikuti Tahapan Presentasi dan Wawancara pada tanggsl 6 Oktober 2021. Untuk pengumuman 3 Besar Terbaik Kabupaten / Kota ASN Achievement Awards 2021 pada tanggal 8 Oktober 2021.

Penilaian langsung oleh Tim Juri Independen dari Perguruan Tinggi PTN dan PTS. Untuk penghargaannya akan diberikan tepat pada Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang akan jatuh pada 12 Oktober 2021. *(DI/HB)*