Rabu, 23 Maret 2022

Pelaku UMKM Antusias Ikuti Pelatihan Pembuatan Web Blog Di Telecenter Palapa

Baca Juga


Pelatihan pembuatan blog bagi UMKM di Telecenter Palapa - (EL).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Sebagai salah-satu layanan unggulan yang dimiliki oleh Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, Telecenter Palapa menghadirkan berbagai layanan edukasi di bidang teknologi dan informasi (TI).
Pelatihan pembuatan web menjadi salah satu layanan yang disediakan oleh unit layanan milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu.

Seperti yang digelar kemarin Selasa (22/03/2022) kemarin dan Rabu (23/3/2022) ini. Para peserta pelatihan diajarkan untuk membuat web blog mulai dari nol. Mulai dari pembuatan email, pembuatan dan desain web blog, hingga cara mengoptimalikan website agar dapat lebih mudah terdeteksi oleh mesin pencarian Google.

Selain masyarakat umum, peserta juga datang dari sejumlah pelaku UMKM di Kota Mojokerto. Salah-satunya Harliek Nurpratama (54), salah-satu Ketua Kelompok Program Inkubasi Wirausaha produk keripik.

Ia mengaku tertarik mengikuti pelatihan dengan harapan dapat membantu proses pemasaran produknya. Ia menyadari, bahwa pemasaran secara online, baik melalui sosial media maupun web sangat diperlukan saat ini. Sehingga ia tidak ragu mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan.

“Saya ingin nanti blognya isi info produk-produk yang kami hasilkan. Lalu itu bisa dishare lewat sosial media juga", ujarnya saat diwawancara selepas mengikuti pelatihan.

Warga lingkungan Mulyosari, Kelurahan Magersari itu juga mengatakan jika pelatihan disampaikan oleh pelatih yang sabar dan ramah, sehingga ia tidak ragu untuk bertanya ketika belum paham. Ia bahkan menyatakan bahwa tidak kapok dan ingin mengikuti pelatihan lainnya ke depan.

Sementara itu, Manajer Telecenter Palapa, Samsul Huda menyebutkan jika pelatihan yang digelar memang untuk memfasilitasi warga Kota Mojokerto, termasuk pelaku UMKM.

“Medium web blog ini sebenarnya bisa dipakai UMKM untuk menambah sarana promosi mereka. Dengan demikian harapannya penjualan juga bisa meningkat", ujarnya.

Lebih lanjut, Samsul yang juga instruktur pelatihan tersebut menuturkan jika masyarakat di luar pelaku UMKM pun bisa memanfaatkan web blog sebagai sumber penghasilan, yaitu dengan menulis konten.

“Kita bisa menuliskan ide-ide kreatif kita di web, lalu posting secara rutin dan memahami optimalisasi web. Itu nanti bisa menghasilkan uang juga", jelasnya.

Sebagai informasi, selain pelatihan membuat web blog, Telecenter juga memberikan layanan akses internet, pelatihan program Microsoft Office, desain grafis, video editing, dan pembuatan toko online. Semua jenis layanan tersebut dapat diakses secara gratis oleh warga Kota Mojokerto. *(EL/an/HB)*