Senin, 27 Juni 2022

Pemkot Beri Beasiswa 302 Mahasiswa Berprestasi Kota Mojoketo

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat secara simbolis menyerahkan Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Bagi Mahasiswa Berprestasi semester I (6 bulan) senilai Rp. 3.600.000,– kepada salah-satu mahasiswa, di ballroom lantai 4 gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, jalan Gajah Mads No. 100 Kota Mojokerto, Senin (27/06/2022).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Kepemudaan Olah-raga dan Pariwisata setempat memberikan beasiswa 400 semester kepada 302 mahasiswa berprestasi Kota Mojokerto.

Prosesi penerimaan beasiswa kepada ratusan mahasiswa tersebut berlangsung di ballroom lantai 4 gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, jalan Gajah Mads No. 100 Kota Mojokerto, Senin (27/06/2022).

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan, bahwa pemberian ratusan beasiswa tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kota Mojokerto, khususnya generasi muda.

"Ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama para generasi muda. Demi mendukung terwujudnya program nasional Indonesia Emas 2045", kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, Senin (27/06)2022), di lokasi.

Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menjelaskan, pengembangan pendidikan tinggi bukan menjadi kewenangan pemerintah kota, sehingga pihaknya hanya sebatas memberikan support saja.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olah-raga dan Pariwisata Pemkot Mojokerto Novi Rahardjo serta Plt. Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Agus Triyatno saat foto bersama mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Bagi Mahasiswa Berprestasi, di ballroom lantai 4 gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, jalan Gajah Mads No. 100 Kota Mojokerto, Senin (27/06/2022).


"Kewenangan Wali Kota terbatas pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk pendidikan perguruan tinggi, menjadi kewenangan Kemendikbud", jelas Ning Ita.

"Tapi, itu bukan berarti kami tidak bisa memberi support. Kami alokasikan beasiswa melalui progran untuk mendukung studi pendidikan tinggi adik-adik semua", tambahnya.

Program pemberian beasiswa ini dari tahun ke tahun secara konsisten telah memberi manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi asli daerah yang berkuliah di perguruan tinggi negeri non-kedinasan.

Pada tahun 2021, tercatat diberikan beasiswa sebanyak 200 semester bagi 133 mahasiswa. Untuk tahun 2022, diberikan beasiswa dengan jumlah semester sebanyak 2 (dua) kali lipat lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Dengan kapasistas sebesar itu, maka setiap semester, masing-masing mahasiswa berpestasi Kota Mojokerto menerima beasiswa sebesar Rp. 3,6 juta.

Tidak hanya sekedar serah-terima beasiswa, dalam forum tersebut, para mahasiswa juga diberikan kesemoatan berdialog dengan Wali Kota Mojokerto dan jajaran pejabat pemkot Mojokerto terkait.

Sejumlah mahasiswa dengan latar belakang program studi berbeda dan dari berbagai universitas di Indonesia itu pun memanfaatkan kesempatan dialog yang diberikan dengan mengutarakan gagasan-gagasan mereka untuk pembangungan di Kota Mojokerto.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olah-raga dan Pariwisata Pemkot Mojokerto Novi Rahardjo serta Plt. Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Agus Triyatno saat foto bersama ratusan mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi Bagi Mahasiswa Berprestasi, di ballroom lantai 4 gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada, jalan Gajah Mads No. 100 Kota Mojokerto, Senin (27/06/2022).


Ning Ita mengapresiasi gagasan-gagasan yang disampaikan para mahasiswa yang telah berusaha untuk berkontribusi bagi Kota Mojokerto sesuai dengan kapasitas yang mereka miliki saat ini.

Pada kesempatan ini, Ning Ita pun berpesan kepada para mahasiswa Kota Mojokerto tersebut agar sampai kapan pun tetap selalu mencintai Kota Mojokerto.

"Di masa depan nanti, dimana pun kalian mendedikasikan diri kalian, se sukses apapun kalian, jangan lupakan Kota Mojokerto. Kami menunggu kontribusi kalian untuk Kota Mojokerto", pesan Ning Ita.

Menanggapai pesan Ning Ita tersebut, Bagas Toto Wijaya, mahasiswa semester VI Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sekaligus pendiri komunitas sosial Sanggar Seni Bambu Hijau menyampaikan, ia sangat bersyukur telah 2 (dua) kali menerima beasiswa dan siap komitmen untuk Kota Mojokerto.

"Alhamdulillah..., saya sangat terbantu. Beberapa project pengabdian masyarakat saya bisa berjalan dengan bantuan dana beasiswa. Ke depan, ini tentu menjadi motivasi bagi saya untuk bisa berkontribusi lebih banyak lagi", ujar Bagas.

Hadir mendampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam acara "Pengarahan Wali Kota Mojokerto Kepada Penerima Beasiswa Pendidikan Tingga Bagi Mahasiswa Berprestasi Tahun 2022" ini, Kepala Dinas Kepemudaan Olah-raga dan Pariwisata Pemkot Mojokerto Novi Rahardjo serta Plt. Kepala DKPP Pemkot Mojokerto Agus Triyatno. *(El/an/HB)*