Jumat, 19 Agustus 2022

Belum Rampung Sudah Ambruk, Ning Ita Peringatkan Kontraktor Proyek Facade Gedung Setdakot Mojokerto

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto saat memberi keterangan sejumlah wartawan di lokasi proyek facade gedung Setdakot Mojokerto, Jum'at (19/08/2022).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari peringatkan rekanan (kontraktor) supaya tidak terburu-buru dalam mengerjakan proyek facade (muka bangunan) gedung Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Mojokerto.

Ia menghimbau agar kontraktor menjaga kualitas bangunan serta pengawas lebih intensif dalam melakukan pengawasan. Peringatan dan himbauan tersebut dilontarkan, menyusul ambruknya bagian pilar proyek tersebut pada Kamis (18/08/2022) kemarin.

"Kita evaluasi dan berikan peringatan, kalau memang tidak ada keterlambatan sesuai schedule pekerjaan ya tidak perlu terburu-buru. Faktanya kan malah melebihi dari target di schedule pekerjaanya", ujar Wali Kota Mojokerto saat meninjau lokasi proyek tersebut, Jum'at (19/08/2022).


Pilar proyek facade gedung Setdakot Mojokerto yang ambruk, (foto: Jum'at 19 Agustus 2022).


Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini meminta seluruh masyarakat dan rekan-rekan media untuk ikut mengawasi pengerjaan seluruh proyek yang sedang dijalankan Pemerintah Kota Mojokerto.

"Bantu kami ikut mengawasi, karena itu semua adalah bangunan publik yang nanti kemanfaatanya untuk masyarakat, maka ayo diawasi bareng-bareng", pinta Ning Ita.

Saat disinggung penyebab ambruknya bagian pilar tersebut, Ning Ita menjelaskan adanya sedikit kelalaian kontraktor dan kurangnya pengawasan. Pasalnya proses pembangunan pilar setinggi kurang lebih 4 meter itu dipasang secara simultan.

"Kemarin kan ada libur satu hari saat peringatan HUT RI, memang disini (Kantor Pemkot) digunakan untuk kegiatan full, sehingga seluruh pekerjaan dihentikan sehari. Nah maunya rekanan mengganti libur 1 hari itu sehingga dikebut, yang bawah belum kering dan digarap lagi atasnya, ini jadi bahan evaluasi kedepan", jelas Ning Ita.

Turut hadir mendampingi Ning Ita dalam meninjau proyek facade gedung Setdakot Mojokerto tersebut, Kepala Bidang Penataan Ruang Bangunan dan Bina Kontruksi DPUPRPRKP Pemkot Mojokerto Yustian Suhandinata. *(Dit/an/HB)*