Jumat, 30 September 2022

Pagelaran Wayang Dalam Kirab Pancasila Pindah Di Halaman Pemkot Mojokerto

Baca Juga


Pendopo Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pertunjukan wayang kulit dalam rangkaian kegiatan Kirab Pancasila yang semula direncanakan akan digelar di SDN Purwotengah (Sekolah Soekarno), akhirnya diputuskan digelar di halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto di jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Pemkot Mojokerto Amin Wachid menerangkan, penyesuaian lokasi pertunjukan wayang kulit dilakukan untuk bisa mewadahi semaksimal mungkin penonton. Sebab, pagelaran seni tradisional wayang kulit yang dibuka untuk umum itu mendapat animo yang tinggi dari masyarakat.

”Karena masyarakat banyak yang antusias, maka kami menyediakan lokasi yang lebih luas, yakni di halaman Kantor Pemkot Mojokerto", terang Kepala Dinas P dan K Pemkot Mojokerto Amin Wachid, Jum'at (30/09/2022).

Amin memastikan, jadwal pertunjukan wayang kulit tetap akan diselenggarakan pada Sabtu (01/10/2022) mulai pukul 19.00 WIB dengan mengusung cerita "Babad Wanamarta" yang akan dibawakan dalang kondang Ki Arif Sarjono dari Boyolali Jawa Tengah dan akan dimeriahkan oleh pelawak Cak Slenthem Cs.

Dalam acara tersebut, masyarakat juga bisa menikmati 'tahu tek' gratis yang disiapkan sebanyak 500 porsi. Tak hanya itu, panitia juga menyediakan 500 cangkir kopi yang dibagikan secara gratis di lokasi pertunjukan.

"Selain menyuguhkan hiburan, kegiatan seni dan budaya ini juga untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat", jelas Amin Wachid.

Sebagai informasi, pertunjukan wayang kulit tersebut digelar Pemkot Mojokerto bekerja-sama dengan Jawa Pos Radar Mojokerto dalam rangkaian kegiatan Kirab Pancasila peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2022. *(Dit/an/HB)*