Rabu, 28 September 2022

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Terbaik Media Center Kategori Berita

Baca Juga


Foto: Dok Diskominfo Pemprov Jatim
.


Kota SURABAYA – (harianbuana.com).
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) kembali meraih penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2022. Penghargaan tersebut diterimakan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jatim Hudiyono mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan Media Center diterimakan dalam ajang Anugerah Media Center Daerah 2022 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten pada Senin 26 September 2022.

Atas prestasi tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan informasi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat khususnya Jawa Timur. Pasalnya informasi yang berkualitas akan menjadi penyambung antara pemerintah dan masyarakat.

"Alhamdulillah... penghargaan Media Center Terbaik Kategori Berita bisa diraih oleh Pemprov Jawa Timur. Semoga dengan penghargaan ini menjadi pendorong bagi Pemprov Jawa Timur untuk bisa terus dan meningkatkan pelayanan informasi bagi masyarakat melalui pemberitaan yang lebih berkualitas", kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (28/09/2022) pagi.

Gubernur perempuan pertama di Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan, pemberian layanan informasi kepada masyarakat salah-satunya bisa diberikan melalui pemberitaan yang berkualitas.

Dijelaskan Gubernur Khofifah pula, bahwa dengan pemberitaan yang berkualitas, pesan dan informasi kepada masyarakat akan dapat sampai dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

"Karena pemberitaan yang berkualitas bisa menjadi ujung tombak dalam menyampaikan berbagai program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, dan akurat", jelas Gubernur Khofifah.


Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo Nursodik Gunarjo saat menyerahkan piala penghargaan terbaik pertama sebagai Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2022 dalam ajang Anugerah Media Center Daerah 2022 kepada Kadis Kominfo Provinsi Jatim Hudiyono (kanan) di Tangerang Kota Selatan Provinsi Banten (foto: Dok. DisKominfo Pemprov Jatim).


Gubernur Khofifah meegaskan, bahwa pemberitaan yang berkualitas juga bisa menjadi tameng terhadap berita-berita hoax yang muncul. Itulah mengapa pemberitaan yang obyektif dan berkualitas sangat dibutuhkan.

"Sarat data yang valid menjadi kunci pemberitaan yang berkualitas, data valid mampu menjadi penguat dalam menyampaikan program dan kebijakan", tegasnya.

Gubernur Khofifah menuturkan, bahwa informasi dan pemberitaan yang beredar di masyarakat memiliki kekuatan yang mampu mempengaruhi masyarakat. Oleh karenanya peran media sangat penting dalam penyebarluasan informasi dari pemerintah.

"Pemberitaan dari pemerintah dibutuhkan untuk meneruskan informasi, program, dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat, disinilah peran media sangat dibutuhkan", tutur Gubernur Khofifah.

Menurut Gubernur Khififah, pemerintah tidak cukup hanya mengirimkan informasi kepada masyarakat tetapi harus memastikan bahwa informasi tersebut sampai kepada masyarakat.

"Tidak cukup dengan sending information atau sending messages tetapi harus dipastikan delivered kepada masyarakat", ujar Gubernur Khofifah.s

Diketahui, Media Center Provinsi Jawa Timur merupakan Terbaik Pertama di Indonesia dari 143 Media Center Provinsi dan Kab/Kota Kategori Berita. Tercatat, total ada 6.872 berita yang dikirimkan dan yang publis sebanyak 6.115 berita. Proses penilaiannya tidak secara instan, tetapi telah dilakukan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2021.

Tak hanya itu penilaiannya meliputi kuantitas dan kualitas dari berita yang dikirimkan ke Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik untuk dimuat pada laman infopublik.id yang dikelola Kemenkominfo. Namun yang ditayangkan hanya berita yang lolos kurasi dan editing secara ketat dalam rangka menjaga kualitas beritanya.

Di sisi lain, Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo, Nursodik Gunarjo mengungkapkan, media center daerah atau humas pemerintah berperan sebagai ujung tombak dalam mengomunikasikan program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, akurat dan relevan. Hal itu, lanjut dia, agar mudah dipahami dan untuk meningkatan partisipasi publik.

Diungkapkannya pula, bahwa potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

"Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel", ungkap Direktur Pengelolaan Media Kemenkominfo, Nursodik Gunarjo. *(DiskominfoJatim/HB)*