Selasa, 07 Februari 2023

Monev Pelayanan Publik Di Kota Mojokerto, Ini Pesan Menpan RB Azwar Anas

Baca Juga


Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat menyampaikan arahan terkait reformasi birokrasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin (06/02/2023) siang, usai Monev Pelayanan Publik di MPP Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto.

Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas pada Senin 06 Februari 2023 melakukan kunjungan kerja dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelayanan Publik di Kota Mojokerto pada Senin 06 Februari 2023.

Usai melakukan kunjungan tersebut di Gedung Mall Pelayan Publik (MPP) Gajah Mada Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto, Menpan RB Abdullah Azwar Anas berpesan, supaya setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto konsisten dalam melakukan reformasi birokrasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Presiden berharap kepada kita semua, birokrasi ini berdampak. Ada banyak pekerjaan, tapi kita ini tidak berdampak", ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam forum yang digelar di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin (06/02/2023) siang.

Pada kesempatan ini, Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan 3 (tiga) arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tentang reformasi birokrasi, yaitu:
(1). birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat;
(2). reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas; dan
(3). birokrasi yang lincah dan cepat.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyerahkan cenderamata kepada Menpan RB Abdullah Azwar Anas  di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin (06/02/2023) siang, usai Monev Pelayanan Publik di MPP Gajah Mada No. 100 Kota Mojokerto.


Menpan RB Abdullah Azwar Anaz menjelaskan, bahwa Kemenpan RB telah mencanangkan 'RB Tematik' yang berfokus pada 4 (empat) hal, yakni penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi dan prioritas aktual presiden.

"Teman-teman Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), bersama Bu Wali untuk mengerjakan RB Tematik ini", jelas Azwar Anas.

Dijelaskan Azwar Anas, bahwa pelaksanaan 'RB Tematik' tersebut tidak hanya dikhususkan bagi pemerintah daerah saja, melainkan juga Forkopimda, yang terdiri dari Polri, TNI dan Kejaksaan Negeri. RB Tematik dinilai berhasil jika Pemda dan Forkopimda dapat berkolaborasi dalam menangani 4 hal yang menjadi fokus dalam RB Tematik tersebut.

"Nilai RB akan bagus, jika Pemda dan Forkopimda berkolaborasi untuk menurunkan angka kemiskinan", jelas Menpan RB Abdullah Azwar Anas.

Azwar Anas menandaskan, bahwa kolaborasi dalam berbagi program antara Pemerintah Daerah dengan Forkopimda menjadi kunci dalam kesuksesan RB Tematik.

Acara ini dihadiri jajaran Forkopimda Kota Mojokerto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasatyo serta segenap Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. *(EL/an/HB)*