Selasa, 18 Juli 2023

Sunarto Pimpin Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi Atas 4 Raperda Kota Mojokerto 2023

Baca Juga


Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto saat menerima penyerahan naskah Pandangan Umum Fraksi PDI-Perjuangan atas 4 Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023 dari Juru Bicara Fraksi PDI-Perjuangan Ery Purwanti dalam rangkaian Rapat Paripurna beragenda Penyampaian Pandangan Umum atas 4 Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023 di ruang rapat Kantor DPRD Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Selasa (18/07/2023) siang.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto hari ini, Selasa 18 Juli 2023 siang, menggelar Rapat Paripurna beragenda Penyampaian Pandangan Umum atas 4 (empat) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Mojokerto Tahun 2023 di ruang rapat Kantor DPRD Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Mojokerto dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan Sunarto didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto dari Fraksi Partai Golongan Karya Sonny Basoeki Rahardjo dan Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Junaedi serta dihadiri 22 dari 25 Anggota DPRD Kota Mojokerto.

Hadir dalam rapat tersebut Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari, jajaran pejabat Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kota Mojokerto atau yang mewakili, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, Assisten Sekda Kota Mojokerto, Staf Ahli Wali Kota Mojokerto, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto, para Camat dan Lurah se Kota Mojokerto serta undangan lainnya juga sejumlah awak media yang meliput rapat tersebut.

Usai mengucapkan selamat datang dan selamat mengikuti Rapat Paripurna beragenda Penyampaian Pandangan Umum atas 4 Rancangan Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023 dan menyatakan Rapat Paripurna terbuka untuk umum, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto mengajak yang hadir dalam Rapat Paripurna untuk bersyukur kehadirat Allah SWT sehingga dapat hadir dalam acara tersebut.

"Hadirin yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya, sehingga pada siang hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun, guna menghadiri dan mengikuti rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mojokerto", tutur Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto mengawali Rapat Paripurna di ruang rapat Kantor DPRD Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Selasa (18/07/2023) siang.

Sunarto kemudian menyampaikan, bahwa rapat paripurna kali ini bisa terus dilangsungkan sesuai aturan yang berlaku lantaran dihadiri oleh 22 dari 25 Anggota DPRD Kota Mojokerto. Ditandaskan Sunarto, kehadiran Anggota DPRD Kota Mojokerto dalam Rapat Paripurna kali ini bahkan merupakan rekor.

"Rapat Paripurna Dewan serta hadirin yang kami hormati, telah dilaporkan oleh saudara Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD, bahwa Anggota Dewan yang hadir dan telah menanda-tangani daftar hadir rapat paripurna siang ini adalah sebanyak 22 orang, ini merupakan rekor, yang berarti telah memenuhi ketentuan peraturan DPRD Kota Mojokerto Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mojokerto Pasal 136 ayat (1) huruf b", ujar Sunarto.

"Yang menetapkan, bahwa Rapat Paripurna pada hari ini memenuhi forum apabila dihadiri oleh paling sedikit 2/3 (dua per-tiga) jumlah Anggota DPRD, sehingga rapat paripurna pada hari ini dapat dilanjutkan. Selanjutnya Rapat Paripurna dewan perwakilan rakyat daerah kota Mojokerto kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum dengan ucapan Bismillahi rohmanirrohim", lanjutnya.

Sunarto menjelaskan, rapat paripurna pada hari ini merupakan tahapan ke-2 (dua) dari pembahasan 4 (empat) Raperda Kota Mojokerto 2023, yaitu Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Daerah Kota Mojokerto atas 4 Raperda tersebut.

"Agar penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi berjalan dengan tertib, maka sebelum rapat paripurna ini dilangsungkan, masing-masing Juru Bicara Fraksi telah mendaftarkan namanya terlebih dahulu. Namun, tadi kelihatannya ada kesepakatan untuk diserahkan ya. Bagaimana setuju kalau diserahkan...!?", lontar Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto kepada para Anggota DPRD Kota Mojokerto.

Tidak pakai lama, lontaran kata Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto tersebut disambut para Anggota DPRD Kota Mojokerto yang hadir dengan satu kata 'setuju' secara kompak. "Setuju..!", jawab para Anggota DPRD Kota Mojokerto.

Atas jawaban 'setuju' para Anggota DPRD Kota Mojokerto yang hadir dalam Rapat Paripurna tersebut, Ketua DRPD Kota Mojokerto Sunarto berterima-kasih, kemudian meminta masing-masing Juru Bicara Fraksi untuk menyerahkan Pandangan Umum Fraksi-nya atas 4 Raperda Kota Mojokerto 2023, sehingga masing-masing Juru Bicara Fraksi DPRD Kota Mojokerto tidak perlu membacakannya.

"Terima kasih. Rapat Paripurna Dewan serta hadirin yang kami hormati, Pemandangan Umum fraksi-fraksi telah di sampaikan oleh masing-masing Juru Bicara. Jadi nantinya, akan mendapatkan jawaban yang memuaskan dari Saudari Wali Kota, yang akan disampaikan pada Rapat Paripurna pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023", ujarnya.

Selanjutnya, lanjut Sunarto, penyerahan Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Mojokerto Mojokerto atas 4 Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023 dilakukan oleh Juru Bicara Fraksi PDI-Perjuangan Ery Purwanti, selanjutnya oleh Fraksi Partai Golkar oleh Jaya Agus Purwanto, dari Fraksi PKB oleh Hj. Choiroiyaroh, dari Fraksi PAN oleh Miftah Aris Zuhri, dari Fraksi Gabungan oleh Budiarto dan terakhir Fraksi Partai Demokrat oleh Udji Pramono.

Usai penyerahan Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Mojokerto Mojokerto atas 4 Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023 dilakukan oleh masing-masing Juru Bicara Fraksi, Ketua DPRD Kota Mojokerto mengakhiri jalannya Rapat Paripurna beragenda Penyampaian Pandangan Umum atas 4 Raperda Kota Mojokerto Tahun 2023.

 "Demikianlah jalannya Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah Kota Mojokerto pada hari ini, kami sampaikan ucapan terima-kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para hadirin yang telah berkenan mengikuti jalannya Rapat Paripurna dengan penuh khidmat", pungkas Sunarto.

"Dan tak lupa, kami sampaikan permohonan maaf atas kekhilafan selama kami memimpin jalannya Rapat Paripurna. Akhirnya Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah Kota Mojokerto kami nyatakan ditutup dengan ucapan alhamdulillahi robbil al'amin. Dog dog dog...! (Red: suara ketok palu tanda diakhirinya sidang paripurna). Berkat dalĂȘm selamat sore dan terima-kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...!", tutupnya. *(DI/HB/Adv)*