Jumat, 29 Desember 2023

Liburan Tahun Baru, Polres Mojokerto Pasang Rambu Rawan Laka Dan Longsor Jalur Puncak

Baca Juga

Kapolsek Pacet Iptu Agus Setiawan dan anggota memasang rambu peringatan di sejumlah titik yang rawan laka, kemacetan dan longsor di jalur wisata puncak Pacet, Jum’at (29/12/2023).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Jajaran Polres Mojokerto memantau jalur menuju wisata puncak di Pacet–Trawas, Tahura Cangar sekaligus memasang rambu peringatan di lokasi titik rawan kecelakaan dan longsor. Upaya ini dilakukan agar pada liburan tahun baru terhindar dari hambatan kemacetan maupun resiko longsor sehingga pengguna jalan menikmati jalanan aman dan lancar.

Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi didampingi Kapolsek Pacet, Agus  Setiawan menjelaskan semakin bertambahnya destinasi wisata alam di kawasan Pacet dan Trawas menjadikan kawasan puncak di Mojokerto ini selalu diserbu pengunjung wisata di tiap event musim liburan. 

Demikian juga pada liburan jelang dan tahun baru 2024 ini, mulai hari Sabtu (30/12/2023) sampai Senin (01/01/2024) dipastikan pengunjung wisata dari berbagai daerah di Jawa Timur banyak yang berlibur di sejumlah wisata yang masuk wilayah Pacet, Trawas dan Tahura (Taman Hutan Rakyat) Cangar perbatasan Mojokerto dan Kota Batu.

Menurut Kapolres, kepadatan jalan pasti sulit dihindarkan, meski sudah dilakukan pengaturan jalan satu jalur untuk keluar dan masuk menuju wisata di puncak Mojokerto. Karena keberadaan destinasi wisata di Pacet dan Trawas sedang viral jadi jujukan pengunjung dari berbagai daerah di jawa timur.

“Pada liburan lebaran kemari, banyak pengguna jalan yang terjebak kemacetan, karena padatnya volume kendaraan baik mobil maupun motor. Pada liburan tahun baru ini nanti, dipastikan volume kendaraan lebih banyak dari musim liburan even sebelumnya", jelas Kapolres Mojokerto AKBP Wahyudi saat dikonfirmasi wartawan, Jum’at (29/12/2023) siang.

Untuk menghindari jalan merambat musim liburan di puncak Pacet dan Trawas, pengguna jalan hendaknya pandai membaca situasi dengan memilih jam-jam longgar baik pada saat berangkat maupun pulang. Sehingga tidak terjadi kepadatan fatal pada jam pulang pada sore hari.

“Pengguna jalan harus pinter-pinter menentukan kapan jam berangkat dan pulang saat berlibur di wisata puncak di Pacet dan Trawas agar terhindar kemacetan", ujar Kapolres Mojokerto.

Masih kata Kapolres Mojokerto, bahwa ini belum lagi jika bersamaan dengan adanya turun hujan deras di jalur wisata puncak ini. Selain rawan bencana adanya tanah longsor juga banyak pohon tumbang. Untuk itu, para pengunjung wisata yang hendak menuju Pacet–Trawas–Tahura Cangar, pastikan kondisi cerah.

“Anggota jajaran Polres juga sudah banyak memasang peringatan pada jalur yang dimungkinkan rawan kecelakaan maupun rawan longsor. Termasuk larangan untuk tempat berhenti, tempat berjualan yang akan mengganggu kelancaran jalan juga sudah dipasang disejumlah titik", ujar Kapolres Mojokerto.

Terpisah, Kapolsek Pacet Iptu Agus Setiawan menjelaskan, menyambut liburan Nataru (Natal dan tahun baru), bersama anggota Polres Mojokerto Polsek Pacet telah keliling survey kondisi jalur wisata di Pacet dan menuju Tahura Cangar.

“Ada sejumlah titik yang rawan terjadi kecelakaan dan longsor, telah kami pasang rambu dengan larangan berjualan, berteduh di titik tersebut, agar terhindar dari kemacetan dan kecelakaan", jelas Kapolsek Pacet.

Selain memasang rambu-rambu peringatan, lanjut Agus Setiawan, bersama BPBD setempat, pihaknya juga siaga dengan vasilitas untuk mengantisipasi adanya bencana alam seperti longsor yang menutup jalan.

Untuk mengantisipasi kemacetan di liburan tahun baru, pihaknya pun sudah mengatur arah jalan dengan satu jalur, yakni jalur masuk menuju wisata Pacet dari Pandan sedangkan jalur keluar di pertigaan jurang Gogo selatan Kantor Polsek Pacet sampai Gondang. *(get/DI/HB)*