Senin, 15 Januari 2024

Naik Signifikan, SPBE Kota Mojokerto Capai 4,26 Predikat "Memuaskan"

Baca Juga



Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto semakin menguatkan komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, efisien dan berbasis digital. Upaya tersebut terbukti dengan capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang terus meningkat.

Berdasarkan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE, indeks SPBE Kota Mojokerto mencapai angka 4,26 dengan predikat “Memuaskan”. Sedangkan di tahun-tahun sebelumnya, berada di angka 2,92 untuk tahun 2021 dan 3,32 di tahun 2022.

“Alhamdulillah atas upaya dan kerja keras segenap jajaran, Indeks SPBE Kota Mojokerto naik signifikan dalam 3 tahun terakhir. Ini menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien", ungkap Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Minggu (14/01/2024)

Kedepan, upaya akan terus dilakukan Pemkot Mojokerto dengan menggalakkan inovasi digital dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Salah-satunya, dengan menggelar lomba inovasi daerah Mojo Indah (Mojokerto Inovasi Daerah) Tahun 2024.

Kompetisi tersebut tidak hanya menargetkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto, melainkan juga mengajak masyarakat umum untuk turut andil menciptakan inovasi.

Perlu diketahui, sebelum keluar capaian indeks tersebut, Pemkot Mojokerto harus mengikuti rangkaian evaluasi yang dilakukan oleh tim dari KemenPAN-RB RI. Di antaranya, yaitu penilaian dokumen, interview dan visitasi. Penilaian tahap terakhir (visitasi) sendiri tidak berlaku di seluruh daerah yang berpartisipasi dalam penilaian SPBE.

Dari ratusan pemerintah daerah, Pemkot Mojokerto menjadi salah-satu instansi pemerintahan daerah diantara 28 lokus visitasi terpilih. Adapun penilaian visitasi sendiri berlangsung pada 1 Desember 2023 lalu. Yang mana, tim penilai terdiri dari akademisi perguruan tinggi sebagai penilai eksternal, dan Tim Koordinasi SPBE Nasional (KemenPAN-RB).

"Ini adalah kabar baik di awal tahun 2024. Semoga menjadi cambuk motivasi agar capaian SPBE tahun ini lebih meningkat lagi", pungkas sosok yang akrab disapa Mas Pj ini. *(Diskominfo/SRT/HB)*