Rabu, 27 Maret 2024

Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah Yang Digelar Pemkor Mojokerto Diikuti 679 Orang

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro saat mengucapkan pantun dalam pembukaan Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi, Rabu (27/03/2024) malam.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Menyambut bulan Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto rutin menggelar Lomba Patrol Ramadhan. Tahun ini, Pemkot Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat pun menyelenggarakan Lomba Patrol 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi yang dijadwalkan digelar hari ini, Rabu 27 Maret 2024, mulai pukul 20.00 WIB.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama sang istri dan putranya hadir dalam pembukaan Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah yang digelar depan Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto ini.

Acara tersebut juga dihadiri segenap jajaran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Mojokerto atau yang mewakili, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mojokerto, para camat dan lurah se Kota Mojokerto.

Dalam laporannya, Penjabat (Pj.) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Mojokerto Rubi Hartoyo menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakannya Lomba Patrol Ramadhan 2024 ini adalah:
1. Menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 1445 Hijriyah;
2. Menggali dan mengekspresikan potensi atau bakat dalam bermain musik patrol; dan
3. Menjaga kesenian rakyat musik tradisional sebagai upaya pelestarian kebudayaan.

"Pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2024", lapor Pj. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Mojokerto Rubi Hartoyo, Rabu (27/03/2024) malam, di lokasi.


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama sang istri serta para pejabat Forkopimda Kota Mojokerto, Sekda Kota Mojokerto dan para Kepala OPD Kota Mojokerto tengah membunyikan kêntongan sebagai tanda dimulainya Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah, Rabu (27/03/2024) malam.


Adapun peserta dalam Lomba Patrol terdiri atas pelajar SD/MI, SMP/Mts dan SMA/Aliyah/SMK se Kota Mojokerto baik negeri maupun swasta dan Karang Taruna Kota Mojokerto.

"Peserta dalam kegiatan adalah sejumlah 697 (enam ratus sembilan puluh tujuh) orang, terdiri dari 41 (empat puluh satu) kelompok yang dibedakan menjadi 4 (empat) kategori. Yaitu tingkat SD/MI 11 (sebelas) kelompok, tingkat SMP/Mts 15 (lima belas) kelompok, tingkat SMA/SMK 8 (delapan) kelompok dan tingkat Karang Taruna 7 (tujuh) kelompok", tandas Rubi.

Sementara, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro tidak memberikan sambutan. Pj. Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Mas Pj" ini tidak ingin masyarakat yang sudah memenuhi area pemberangkatan sejak selepas sholat tarawih ini terlalu lama menunggu dimulainya Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah ini.

"Terima-kasih, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya tidak ada sambutan, karena saya pikir panjênêngan (Red: Bhs. Jawa = anda) semua pingin segera menyaksikan para peserta Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah untuk berlaga. Setuju...!?", ujar Mas Pj.

"Bagi saya yang terpenting 'anda happy aku melok happy' (Red: anda senang saya iku senang). I love full pokoknya. Tolong ketika saya beri satu dua pantun dijawab dengan patrol, sanggup...!?, 'Ke Pasar Tanjung Beli Ikan Tongkol, tak lupa beli cabai dan tomat untuk bumbunya, ayo rek lestarikan musik tradisional patrol, untuk Kota Mojokerto menuju Kota Pariwisata berbasis budaya", lanjutnya.

"Baik, mari kita bersama-sama membaca bismillah untuk membuka acara ini. Bismillahirrohmanirrohim...", tandasnya.


Salah-satu kelompok peserta tengah menunjukkan kebolehannya memainkan alat musik patrol sembari menari mengikuti irama musik patrol dalam Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi, Rabu (27/03/2024) malam.


Usai pembukaan Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi, para peserta Lomba Patrol Ramadhan 1445 Hijriyah diberangkatkan yang ditandai dengan membunyikan kêntongan dari bambu yang dipimpin oleh Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro bersama sang istri serta para pejabat Forkopimda Kota Mojokerto, Sekda Kota Mojokerto dan para Kepala OPD Kota Mojokerto.

Para peserta kemudian berangkat dengan menempuh rute dari tempat pemberangkatan di depan Kantor Pemkot Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto berjalan ke Utara menyusuri jalan Gajah Mada. Sesampai di simpang empat jalan Taman Siswa, para peserta belok ke kiri menyusuri jalan Taman Siswa hingga simpang empat jalan Letkol Sumarjo.

Di simpang empat jalan jalan Letkol Sumarjo, peserta belok ke kanan menyusuri jalan tersebut hingga simpang tiga jalan Ahmad Yani. Para peserta kemudian belok ke kiri menyusuri jalan Ahmad Yani menuju finish di Alun-alun Wiraraja Kota Mojokerto. Tak lupa, sepanjang rute, para peserta memainkan musik patrol dengan sebegitu antusiasnya.

Sebagaimana diketahui, Lomba Patrol kali ini diselenggarakan dengan sejumlah kategori peserta. Yakni, pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/Aliyah/SMK dan Karang Taruna Kota Mojokerto. Bagi para pemenang nantinya akan mendapat hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan.

Tradisi patrol biasanya dilakukan oleh sekelompok warga untuk membangunkan warga lainnya supaya segera bangun dan menyiapkan sahur. Patrol lazimnya dilakukan berkeliling kampung sambil memainkan alat musik sederhana seperti kentongan atau drum bekas dengan meneriakkan 'sahur-sahur' atau bersholawat.

Seiring berkembangnya zaman, Patrol Ramadhan juga turut berkembang. Instrumen musik yang digunakan semakin bervariasi. Alunan musik dan jargon-jargon yang diteriakkan juga semakin menarik dan penuh kreatifitas. Sehingga, patrol bahkan menjadi hiburan tersendiri di waktu sahur.
Melihat potensi kreatifitas tersebut, Pemkot Mojokerto kemudian menyelenggarakan lomba patrol. *(DI/HB/Adv)*