Rabu, 14 Februari 2018

Dorong Kinerja ASN, Pemkot Mojokerto Gelar Lomba Kelurahan 2018

Baca Juga

Wali Kota Mas’ud Yunus (tengah) saat memimpin acara Sosialisasi Lomba Kelurahan 2018, Rabu (14/02/2018), di Pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto.

Kota MOJOKERTO - (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus hadir sekaligus membuka dan memberikan arahan dalam acara Sosialisasi Lomba Kelurahan Tingkat Kota Mojokerto Tahun 2018, Rabu (14/02/2018). Acara yang digelar di Pendopo Graha Praja Wijaya Kantor Pemkot Mojokerto ini dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah serta segenap Perangkat Kelurahan se-Kota Mojokerto.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Wali Kota Kota Mojokerto Mas'ud Yunus menuturkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar setiap Kelurahan di Kota Mojokerto bisa dievaluasi kinerjanya dalam memberikan pelayanan di masyarakat. ”Dengan Lomba Kelurahan, bisa dievaluasi Baik yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat maupun pelayanan publik", tutur Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus, Rabu (14/02/2018).

Lebih jauh, Wali Kota Mas'ud Yunus memaparkan, dengan diselenggarakan evaluasi ini, nantinya akan diklasifikasikan mana-mana Kelurahan dengan kategori cepat berkembang, kategori berkembang dan Kelurahan dalam kategori kurang berkembang. ”Ini semua adalah sebuah motivasi agar pemerintahan di tingkat Kelurahan sebagai ujung tombak dari kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat bisa semakin tahun semakin lebih optimal", papar Wali Kota Mojokerto.


Para Kepala OPD, Camat, Lurah serta segenap Perangkat Kelurahan se-Kota Mojokerto saat mengikuti acara Sosialisasi Lomba Kelurahan 2018, Rabu (14/02/2018), di Pendopo Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto.

Terkait itu, Pemkot Mojokerto terus mendorong jajaran Pemerintah Kelurahan agar selalu berusaha bagaimana pemerintahan di tingkat Kelurahan bisa berjalan efektif sehingga hasilnya lebih dapat dirasakan oleh masyarakat. ”Terkait dengan itu, kita perlu meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara yang ada di Kota Mojokerto, sehingga dapat terukur sejauh mana ASN di tingkat Keluarahan mampu memberdayakan masyarakat dan mampu melayani masyarakat", jelas Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus.

Ditegaskannya, jika tugas dari Pemerintah tingkat Kelurahan adalah cukup kompleks. Oleh karena itu, Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus berharap, agar kinerja ASN dilingkup Pemkot Mojokerto yang dalam ini khususnya Perangkat Kelurahan, terus ditingkatkan sebagaimana dalam amanat UU. ”Harapan saya, Kelurahan yang ada di Kota Mojokerto ini bisa bersinergi dengan masyarakat agar masyarakat tidak hanya sebagai objek pembangunan tetapi harus sebagai subjek pembangunan", tegasnya.

Selain itu, Lomba Kelurahan ini juga dalam rangka mengadakan evaluasi serta untuk mengetahui perkembangan pembangunan dan tingkat pelayanan Kelurahan kepada masyarakat selama satu tahun, sehingga terwujud kualitas kemajuan ekonomi, sosial, budaya dan keamanan serta ketertiban masyarakat.

Catatan media, kegiatan Sosialisasi Lomba Kelurahan tingkat Kota Mojokerto Tahun 2018 ini dilangsungkan dengan narasumber dari pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur. *(DI/Red)*