Jumat, 18 Mei 2018

Orang Yang Berpuasa Ramadhan Akan Masuk Syurga Lewat Pintu Ar-Rayyan

Baca Juga

Oleh: H. Machfud Machradji.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.
Audzubillahi minasysyaithanirrajim
Bismillahorrahmanirrahim.


Nabi sallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ فَإِذَا
دَخَلُوا أُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ (رواه البخاري، رقم
(1763 ،  ومسلم، رقم 1947)

"Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?' Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi". (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947).


‘Dari Abu Salamah dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البخاري،الإيمان/37)

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dalam keadaan iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari, Iman/ 37).


Sungguh luar biasa penghormatan dari Allah Swt Tuhan Yang Maha Kuasa kepada muslim yang melakukan puasa Ramadhan. Allah memberikan balasan, hadiah atau ganjaran yang sungguh sangat luar biasa.

Bayangkan setiap orang yang ingin terbebas dari dosa, tidak ingin dosanya menumpuk karena takut bendu ( siksa ) dari Allah Swt. Dosa-dosa orang yang berpuasa Ramadhan diampuni semuanya. Dosanya menjadi nol alias kosong. Oleh karena itu ketika Hari Raya Iedul Fithri mereka yang berpuasa Ramadhan kembali susuci seperti bayi alias dosanya nol kayak bayi yang baru lahir. tidak punya dosa.

Tentu saja puasanya harus berasal dari iman yang kuat, ikhlas, dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tuntunan puasa Ramadhan dalam syariat Islam. Puasa tidak asal-asalan.


Siapa yang tidak ingin masuk syurga ? Semua orang ingin masuk syurga yang penuh dengan kenikmatan sejati. Hanya orang yang tidak waras saja yang tidak ingin masuk syurga dan justru menyusun jalan masuk ke neraka yang siksanya sangat pedih.

Orang yang berpuasa Ramadhan dijamin masuk syurga lewat pintu syuga yang bernama Ar-Rayyan. Hanya orang yang berpuasa saja yang bisa masuk syurga lewat pintu tersebut. Sungguh hadiah yang sangat luar biasa dari Allah SWT.

Yuk berpuasa yuk..., kita sambut datangnya bulan Ramadhan 1439 H atau 2018 ini dengan semangan untuk menjalankannya dengan sebaik-baiknya. Malu dong orang Islam kok gak puasa !
Semoga bermanfaat saudaraku. Wassalam. *(M2/DI/Red)*