Rabu, 09 Mei 2018

Rasakan Adzab Yang Menimpamu...!

Baca Juga

Oleh: H. Machfud Machradji.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Audzubillahiminasysyaithanirrajim
Bismillahirrahmanirrahim.


Surat An-Naba’ Ayat 30:

فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

"Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain daripada azab".


Allah Ta’ala berfirman, dalam Surat Al-Zalzalah:

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ (7) وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (8)

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula".

يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِنْ سُوءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا

“Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh.“ (QS. Ali Imran: 30).

وَوَجَدُوا مَا عَمِلُوا حَاضِرًا وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا

“Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis).” (QS. Al Kahfi: 49).


Telah menjadi formulasi Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Adil. Kebaikan dibalas dengan hadiah kenikmatan, rahmat, berkah. Sedangkan Kejelekan, Kejahatan, Keburukan dibalas dengan hadiah siksa, adzab, nista, sengsara dan duka lara. Adzab bagi pelaku kejahatan, kejelekan dan keburukan di akhirat kelak sudah jelas, yaitu siksa yang sangat pedih dan menyakitkan serta mengerikan masuk neraka jahanam.

Adapun adzab atau siksa didunia bagi pelaku kejahatan, kejelekan dan keburukan telah digambarkan dalam Al-Qur’an berupa hidup dalam keadaan duka atau sedih berkepanjangan, jasmani dan rohani tersiksa terus menerus, kebahagian sirna dalam hatinya, penyesalan tak pernah henti, harapan pupus, semangat hidup menipis, muka masam dan cemberut tertunduk malu terhina, makan gak enak terasa seperti makan duri, minum gak segar terasa meminum api, badan terasa panas saja, jauh dari kondisi sejuk, damai dan tenang, gelisah menyelimuti.

Lalui jalan yang lurus dan benar saudaraku. Ikuti jalan Allah, ikuti petunjuk Allah, taatlah kepada Allah agar mendapat hadiah kenikmatan. Jangan pilih jalan bengkok, jalan salah. Jalan Syaithan. Menolak petunjuk Allah, mengingkari ayat-ayat Allah, karena akan mendapat hadiah celaka, siksa, nista, sengsara dan duka.

Ayat diatas seolah Allah mengatakan, “Rasakno yo bendu iki...! Iki lho tak tambahi bendu, rasakno... rasakno...! (Rasakan siksa ini...! Ini tak tambahi siksa lagi, rasakan... rasakan...!)".
Semoga bermanfaat saudaraku. Wassalam. *(M2/DI/Red)*