Sabtu, 30 Maret 2019

13 Dubes Tinjau Sentra Tapis Lugusari Dan Waduk Way Sekampung

Baca Juga



Kab. PRINGSEWU – (harianbuana.com).
Sentra Industri Kain Tapis Pringsewu di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu mendapat kunjungan belasan Duta Besar (Dubes), Sabtu (30/03/2019).

Didampingi Bupati dan Wabup Pringsewu, para Assisten Sekdakab Pringsewu, Staf Ahli Bupati Pringsewu, para kepala OPD Pringsewu serta kepala instansi vertikal di Kabupaten Pringsewu, rombongan Dubes yang terdiri dari Dubes Peru Mr.Julio Cardenas, Dubes Armenia Ms.Dziunik Aghajanian, Dubes Yordania Mr.Abdallah Suliman Abdallah Abu Romman dan Dubes Bangladesh Mr.Azmal Kabir.

Selanjutnya, Dubes Polandia Mrs.Beata Stoczynska, Dubes Maroko Mr.Ouadia Benabdellah dan Dubes Afrika Selatan Mr.Hilton Fisher, Duta Besar Rusia Ms.Lyudmila Vorobieva, Dubes Bahrain Mr.Mohamed Ghassan Mohamed Adhan Shaikho dan CDA Kazakhstan Mr.Kairat Malayev.

Kemudian, CDA Bulgaria Mrs.Alexandrina Guigova, CDA Afghanistan Mr.Zalmai Wafamal serta CDA Yaman Mr.Mohamed Ali Saleh Al-Najar, tiba di halaman Balai Pekon Lugusari sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat dan disambut oleh camat dan kepala pekon beserta masyarakat Lugusari.


Di lokasi tersebut, para Dubes dan juga para mahasiswa asing yang sedang studi di Lampung turut menyaksikan proses pembuatan kain tapis khas di Kabupaten Pringsewu, sekaligus berkesempatan ikut mempraktikkan cara pembuatan kain tapis.

Seusai menyaksikan proses pembuatan kain tapis, rombongan duta besar meninjau lokasi patung para duta besar terdahulu yang mengunjungi Kabupaten Pringsewu, sekaligus menyaksikan prosesi pembukaan selubung kain yang menutupi patung.

Sementara itu, selepas dari Pekon Lugusari, para duta besar negara-negara sahabat dan Bupati beserta Wakil Bupati Pringsewu dan jajaran Pemkab Pringsewu juga meninjau proyek strategis nasional kebanggaan masyarakat Pringsewu yakni Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumi Ratu.

Di lokasi, rombongan Diterima oleh jajaran PT. PP dan PT. Waskita Karya di komplek perkantoran proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung, rombongan pemkab dan para duta besar juga mengunjungi point view Bendungan Way Sekampung.

Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi ini diantaranya adalah melakukan penanaman pohon penghijauan dan melihat-lihat dari dekat kegiatan pembangunan mega proyek tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Pringsewu Sujadi mengungkapkan, bahwa pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan salah-satu dari Proyek Nasional.

"Selain berfungsi sebagai penyedia air baku, mengairi lahan pertanian serta pembangkit listrik, keberadaan Bendungan Way Sekampung juga untuk kepentingan pariwisata", ungkap Sujadi.

Bupati Pringsewu berharap, negara-negara sahabat dapat juga melakukan investasi di berbagai bidang di Kabupaten Pringsewu. “Untuk para investor, Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan melayani dengan sebaik-baiknya, dengan mempermudah proses perizinan", ujar Bupati Pringsewu, penuh harap. *(HB)*