Sabtu, 18 Desember 2021

Purna Dari Polri, Firli Bahuri Tetap Ketua KPK

Baca Juga


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo merombak struktur organisasi Korps Bhayangkara. Salah-satunya, menarik Komjen Firli Bahuri kembali ke Polri yang juga menjabat Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI).

Penarikan Komjen Firli Bahuri itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021 yang ditanda-tangani AS SDM Irjen Wahyu Widada.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi tentang penarikan tersebut membenarkan. Diterangkannya, bahwa penarikan itu karena Komjen Firli Bahuri telah memasuki masa pensiun.

“Ya benar. Proses mutasi secara alamiah, yang pensiun dan tour of duty and area serta penyegaran", terang Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Sabtu 18 Desember 2021.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, saat ini, Komjen Sutanto ditempatkan sebagai Perwira Tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Kemudian, Irjen Komarul Zaman penugasan Wantannas dimutasikan sebagai Pati SOPS Polri dalam rangka pensiun.

Selanjutnya, Brigjen Jacobes Alexsander Timisela yang penugasan pada Kementerian ESDM dimutasi ke Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Berikutnya, Brigjen Kushariyanto yang dimutasi sebagai Pati Korlantas dalam rangka pensiun.

Polri menyatakan, mutasi terhadap Komjen Firli Bahuri tidak berpengaruh dalam jabatannya sebagai Ketua KPK. Sebab, mutasi tersebut berlaku khusus bagi Firli Bahuri sebagai Jenderal di lingkungan Polri.

"Beliau purna dari Polri, akan tetapi tetap sebagai Ketua KPK", jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Sabtu 18 Desember 2021.

Dengan adanya Surat Telegram (ST) Nomor: ST/2568/XII/KEP./2021 bertanggal 17 Desember 2021 itu, Komjen Firli Bahuri masih menjabat sebagai Ketua KPK-RI.

Dalam struktur Polri, Komjen Firli Bahuri yang sebelumnya menjabat sebagai perwira tinggi (Pati) Bareskrim Polri dimutasi menjadi Pati Bareskrim dalam rangka pensiun. *(Ys/HB)*