Selasa, 15 November 2022

Kota Mojokerto Raih 3 Penghargaan Bidang Kesehatan Dari Pemprov Jatim

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima 3 penghargaan di bidang kesehatan dari Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022 di Kabupaten Banyuwangi, Selasa (15/11/2022).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Kota Mojokerto menerima 3 (tiga) penghargaan sekaligus di bidang kesehatan. Yakni, sebagai jota di Jawa Timur dengan pencapaian imunisasi tambahan MR (bian) minimal 95 % pada perpanjangan 1, telah lolos verifikasi penilaian Kabupaten/ Kota Sehat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 dan sebagai Kabupaten/ Kota di Jawa Timur yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mewakili Gubernur Jatim dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Selasa (15/11/2022).

"Selamat kami ucapkan, kepada pemerintah provinsi, kabupaten/ kota yang telah betul-betul melaksanakan semua kebijakan, program, layanan dalam rangka peningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat", kata Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono.

Lebih lanjut, ia meminta Pemerintah Kabupaten/ Kota di Jawa Timur untuk bersama-sama mengatasi beberapa PR tersisa. Di antaranya angka kematian ibu yang akselerasinya dibawah 1 persen, kasus stunting dan kasus TBC.

"Provinsi Jawa Timur dengan Nawa Bhakti Satya nya terus mengupayakan bagaimana meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kualitas layanan tenaga dan fasilitas layanan kesehatan kita", ujar Adhy Karyono.

Pemprov Jatim telah melakukan "reform" untuk pelaksanaan reformasi birokrasi khususnya terkait dengan pelayanan publik dengan mengedepankan sistemik dan digital.

"Semua kegiatan di OPD dan juga di rumah-sakit rumah-sakit kita mengarah pada sistemik dan digital. Semua menggunakan aplikasi, e-arsip, e-resep", tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang hadir secara langsung pada prosesi penyerahan penghargaan tersebut mengungkapkan syukur dan apresiasi kepada pihak yang telah terlibat.

"Alhamdulillah... seluruh penghargaan yang diterima hari ini menjadi bukti atas keseriusan komitmen Pemkot Mojokerto dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada warga Kota Mojokerto. Serta, terima-kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat", ungkap Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Ning Ita menegaskan, bahwa capaian penghargaan tersebut bukan suatu garis finish. "Sudah semestinya kami tidak lantas berpuas diri. Capaian ini menjadi suatu cambuk motivasi, agar kami ke depan menjadi lebih baik lagi", tandasnya. *(Dit/El/an/HB)*