Minggu, 20 Agustus 2023

Gubernur Khofifah Resmikan Bus Trans Jatim Mojokerto - Surabaya

Baca Juga



Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Bus Trans Jatim Mojokerto–Surabaya di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto. Minggu (20/08/2023).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Bus Trans Jatim koridor ll dengan rute Mojokerto – Surabaya di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto, Minggu (20/08/2023). Dioperasionalkannya 20 unit armada bus tersebut, guna memperbaiki wajah transportasi di Jatim sehingga masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, dengan peluncuran Bus Trans Jatim koridor ll ini merupakan  perwujudan nyata dari komitmen pemerintah untuk memajukan sektor transportasi di Jawa Timur. Koridor II ini tidak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan tingkat kecelakaan di wilayah jawa timur.

“Momen ini sekaligus integrasi pembayaran trans Jatim dan kereta Commuter Indonesia dengan menggunakan kartu listrik KMT. Hal ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan angkutan massa yang tepat waktu", jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah pun mengatakan, dengan dilaunching Bus Trans Jatim koridor II ini, untuk kebutuhan transportasi dasar bagi masyarakat akan mempercepat konektivitas antar provinsi, antar kota dan kabupaten. Karenanya, tanpa adanya konektivitas suatu daerah tidak akan bisa efektif dan efisien.

“Kehadiran Bus ini menjadi program prioritas penyediaan angkutan masal yang murah dan nyaman untuk kepentingan transportasi di jawa timur”, kata Gubernur Khofifah.

Disisi lain, lanjut Gubernur,  manfaat dengan adanya Bus Trans Jatim ini mampu mempercepat pegerakan perekonomian, pergerakan sosial sekaligus pergerakan pendidikan.

“Insya Allah akan memberikan manfaat dengan multi player efek yang besar bagi masyarakat Jawa Timur", lanjut Gubernur.Khofifah.

Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah didampingi  Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati dan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari serta sejumlah pejabat Jatim dan Forkopimda Mojokerto berkesempatan menaiki Bus Trans Jatim dari terminal Kertajaya menuju ke halte Gunung Gedangan Kota Mojokerto untuk memastikan kenyamanan angkutan umum tersebut.. 

Secara terpisah, Kepala Dishub Pemprov Jatim Dr. Nyono, ST., MT. mengatakan, tujuan utama penambahan Bus Trans Jatim koridor ll ini adalah untuk memperbaiki wajah transportasi di Jatim. Selain itu, pemerintah berharap dengan dibenahinya armada transportasi ini, masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yaitu Bus Trans Jatim.

Dijelaskannya, ada sebanyak 20 armada bus telah disiapkan plu dua armada cadangan. Total 22 unit. Bus-bus itu melintasi 35 halte yang telah disiapkan. “Halte kami tempatkan di beberapa lokasi strategis. Masyarakat umum hanya membeli tiket Rp. 5.000,–. Sedangkan, pelajar, mahasiswa dan santri Rp. 2.500,–", jelas Kadishub Pemprov Jatim Dr. Nyono, ST., MT. *(get/DI/HB)"