Sabtu, 23 September 2023

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Pelaku Olah Raga Berprestasi Dari Menpora

Baca Juga


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Raih Penghargaan Pelaku Olah-raga Berprestasi Dari Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Jum'at 22 September 2023.
 


Kota KEDIRI – (harianbuana.com).
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa hadir dalam Peringatan Haornas Jawa Timur Tahun 2023 yang berlangsung meriah di Gelanggang Olah Raga (GOR) Jayabaya, Mojoroto, Kota Kediri, Jum'at (22/09/2023) malam. Acara tersebut, ditandai dengan kick off pemukulan bola hocky oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Kediri, Ketua KONI Jatim, Rektor Unesa dan Kadispora Jatim.

Peringatan Haornas Jatim 2023 kali ini bertabur sport show dan pemberian penghargaan untuk sejumlah insan olah-raga berprestasi Jawa Timur. Sejumlah sport show yang ditampilkan mulai atlet difabel, memanah di sisi kanan dan kiri panggung, olah-raga panjat tebing, senam artistik, angkat besi, dilanjutkan olah-raga sepeda BMX, skateboard dan pushbike.

Dalam peringatan Haornas kali ini Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa secara khusus menerima penghargaan sebagai Pelaku Olah-raga Berprestasi 2023 kategori Pembina dari Menpora. Sedianya penghargaan tersebut akan dianugerahkan pada puncak Haornas pada 9 September di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan karena dedikasi Gubernur Khofifah dalam membudayakan dan memajukan prestasi olah-raga di Jatim. Sejak awal kepemimpinan, Khofifah telah meluncurkan berbagai program untuk membudayakan olahraga dan mendulang prestasi. Salah-satunya melalui Jawa Timur Senang Gerak (Jatim Seger) yang dicanangkan sejak tahun 2019.

Selain itu, Gubernur Khofifah dinilai selalu memberi support dan motivasi pada pelaku olah-raga. Selaku Ketua Tim Koordinasi Provinsi, dalam penyelenggaraan Desain Besar Olah-raga Nasional (DBON), Gubernur Khofifah juga terus memasifkan berbagai program keolah-ragaan. Salah-satu wujudnya adalah dengan menggelar Porprov Jatim dua tahun sekali.

”Alhamdulillah penghargaan ini menjadi bukti atas semangat perjuangan yang tidak pernah lelah dari seluruh insan olah-raga di Jatim. Semoga ini menjadi motivasi kita bersama untuk terus meningkatkan prestasi olah-raga Jatim", ujar Gubernur Khofifah.

Senada dengan tema peringatan Haornas 2023 yakni "Gelanggang Semangat Pemenang", dalam kegiatan kali ini turut diluncurkan Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Sentra Pembinaan Olahraga Pelajar (SPOP & SPOPK). Lewat sistem aplikasi itu, diharapkan akan mendongkrak prestasi olah-raga serta meningkatkan kualitas pembinaan atlet Jawa Timur.

Gubernur Khofifah berharap, ke depan akan lahir atlet muda berprestasi yang berkarakter unggul dan berkelas dunia. Untuk itu, gubernur konsen mengembangkan konsep Design Besar Olahraga Daerah (DBOD) dan Design Besar Kepemudaan Daerah (DBKD) sebagaimana implementasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021.

”Ekosistem olahraga ini harus terus dibangun. Bagaimana DBOD dan DBKD harus secara simultan dikembangkan secara sistematis dan terencana. Kita ingin agar semua insan di Jatim harus bisa olah-raga dan olah-karya. Ini menjadi satu kesatuan bagaimana kita bersama-sama memajukan baik olahraga berprestasi maupun olahraga rekreasi. Dari Jatim untuk Indonesia menuju juara dunia. Dari Jatim menuju prestasi Indonesia dan menuju juara dunia", ujar Gubernur Khofifah, penuh harap.

Pada kesempatan ini, Gubernur Khofifah juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada Penyelenggara Peringatan Haornas XL Tahun 2023 yakni Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, pembina olahraga dari unsur perorangan, purna olahraga berprestasi, pelatih berprestasi dan instruktur berprestasi. Kemudian, penghargaan badan usaha peduli olahraga yang diserahkan kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. dan PT. Petrokimia Gresik.

Sementara itu Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo sangat mengapresiasi semangat olah-raga di Jatim. Terlebih, program kepemudaan dan olah-raga yang dilakukan Pemprov Jatim dan KONI Jatim telah sejalan dengan program-program olah-raga nasional.

"Program-program olah-raga Pemprov Jatim dengan kolaborasi bersama KONI sangat sejalan dengan program nasional. Program yang diselenggarakan Jatim pun dapat menginspirasi provinsi-provinsi lain untuk terus berkarya dan mendongkrak semangat atlet-atlet baik di Jatim serta di daerah lain", ujar Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Pada kesempatan ini pula, Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo memberikan apresiasi khusus kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atas kepeduliannya terhadap pemuda dan olah-raga di Jatim. Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo juga memberikan bibit pohon beringin yang merupakan simbol keberhasilan memupuk atlet hebat.

”Dalam rangka membudayakan dan memajukan olah-raga, kami memberikan apresiasi pada Gubernur Jawa Timur. Kami memberikan pohon beringin sebagai penghargaan kepada Gubernur Khofifah sebagai simbol bahwa Bu Gubernur dapat memupuk atlet hebat sebagaimana merawat tumbuhan dengan baik", ungkap Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo. *(DI/HB)*