Selasa, 23 Januari 2024

Bupati Ikfina Berharap, Pembahasan RKPD 2025 Selaras Dengan Provinsi Dan Nasional

Baca Juga


Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Musrenbangcam di Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Selasa (23/01/2024).


Kab. MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berharap, pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 selaras dengan prioritas pembangunan provinsi dan nasional. Hal ini diutarakan Bupati Ikfina saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) di 3 (tiga) kecamatan, yakni Kecamatan Ngoro, Kecamatan Mojoanyar dan Kecamatan Jetis.

"Untuk usulan yang nantinya disampaikan, kita tidak hanya menginginkan usulan fisik, akan tetapi usulan non-fisik untuk lebih dikembangkan", ujar Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di pendopo Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Selasa (23/01/2024).

Dijelaskannya, bahwa Musrenbang ini sendiri merupakan salah-satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas (bottom-up) planning. Tahapan Musrenbang di tingkat kecamatan ini merupakan hasil dari tahapan Musrenbang ke-2 (dua) setelah sebelumnya dilaksanakan pada tingkat desa atau kelurahan.

Melalui Musrenbang ini, diharapkan menjadi agenda masyarakat saling bertemu dan berdiskusi terkait masalah yang dihadapi dengan mengusulkan rencana kerja sesuai  masing-masing Perangkat Daerah yang nantinya diputuskan dan dibentuk prioritas bagi desa dan kecamatan.

"Musrenbang RKPD kecamatan yang kita laksanakan ini sangat krusial dan strategis, karena berkaitan dengan bagaimana pencapaian visi dan misi serta program prioritas daerah yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Banggai 2021–2026", jelas Bupati Ikfina.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto ini menegaskan, masyarakat dan pemerintah merupakan elemen penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat sasaran.

"Maka dari itu dibutuhkan aspirasi masukan dari semua pihak dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak-hak dasar masyarakat yang adil makmur untuk dituangkan dalam rancangan RKPD tahun 2025", tegas Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina berharap, rencana pembangunan di tahun 2025 dapat berorientasi pada percepatan pembangunan di desa dan perluasan lapangan kerja. Bupati Ikfina pun berharap, manfaat pembangunan diharapkan berpihak pada kepentingan masyarakat luas.

"Ini komitmen kita, bagaimana pembangunan kita tujukan pada percepatan pembangunan di desa serta perluasan lapangan kerja sebesar-besarnya. Sehingga, masyarakat Kabupaten Mojokerto produktif", pungkas penuh harap.

Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan RKPD tahun 2025 ini juga dihadiri Kepala DPMD Pemkab Mojokerto, perwakilan Bappeda Kabupaten Mojokerto, Camat Ngoro, Forkopimca Ngoro, Kepala Puskesmas Ngoro dan Manduro, Kepala Desa se-Kecamatan Ngoro, Kepala TP PKK Desa se-Kecamatan Ngoro, BPD dan LPM se-Kecamatan Ngoro serta tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Ngoro. *(get/DI/HB)*