Senin, 08 April 2024

Pemkot Mojokerto Pastikan Pelayanan Kesehatan Tetap Beroperasi Saat Libur Lebaran

Baca Juga


Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias, Assisten Sekda Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono dan Kepala Dinkes PPKB Pemkot Mojokerto dr. Farida saat mengunjungi Puskesmas Wates
.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) memastikan, pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto tetap beroperasi meskipun libur cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi.  Hal ini, disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro di tengah kunjungannya kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) di Kota Mojokerto jelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi.

Terkait itu, dengan didampingi Kepala Diskominfo Pemkot Mojokerto Santi Ratnaning Tias dan Kepala Dinkes PPKB Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto dr. Farida Mariana dan Assisten Sekda Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro meninjau sejumlah Fasyankes di Kota Mojokerto. Di antaranya Puskesmas Wates, Puskesmas Mentikan dan RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo.

"Kita ingin melihat dan memastikan bahwa pelayanan kesehatan baik yang ada di Puskesmas maupun rumah sakit tetap beroperasi, meski cuti bersama lebaran", ujar Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Senin (08/04/2024).

Pj. Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Mas Pj" ini juga berkesempatan meninjau kesiapan petugas PSC 119. Merekalah yang nantinya menjadi garda terdepan pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto selama lebaran Idul Fiti 1445 Hijriyah dan akan bersiaga 24 jam penuh.

Mas Pj pun berkesempatan memberikan semangat kepada para Nakes baik yang ada di Puskesmas, rumah rakit, maupun PSC 119 supaya mereka memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat selama libur lebaran.

"Tetap semangat semuanya, Insya' Allah berkah", ucap Mas Pj.

Selain memastikan pelayanan kesehatan tetap beroperasi selama libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, pada kunjungannya Mas Pj kali ini juga memastikan kebersihan dan kerapihan pada masing-masing Fasyankes.

Sementara itu, Kepala Dinkes PPKB Pemkot Mojokerto dr. Farida menerangkan, bahwa pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto akan tetap beroperasi meski sedikit ada penyesuaian.

"Kalau Puskesmas selama cuti bersama lebaran,  buka seperti biasanya. Kecuali, tanggal merah pada 1 dan 2 Syawal memang libur, karena tidak ada UGD dan Rawat Inap kan", terang Kepala Dinkes PPKB Pemkot Mojokerto dr. Farida.

Untuk pelayanan kegawat-daruratan, Kepala Dinkes PPKB Pemkot Mojokerto menandaskan, bahwa seluruh rumah sakit di Kota Mojokerto akan tetap beroperasi seperti biasanya.

"Kemarin sudah kita koordinasikan, terutama untuk empat spesialisasi dasar harus ready di kota, yakni obgyn, anak, anastesi dan bedah. Harus ada, se kota tidak boleh ada yang kosong", tandas Kepala Dinkes PPKB Pemkot Mojokerto dr. Farida. *(SRT/HB)*