Kamis, 25 April 2024

Sekda Apresiasi Partisipasi Aktif Tiga OPD Dalam Mewujudkan Satu Data Kota Mojokerto

Baca Juga


Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo (kiri) saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Pj. Kepala Disdikbud Pemkot Mojokerto Rubi Hartoyo di Balai Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto, Kamis 25 April 2024.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo hari ini, Rabu 25 April 2024, menyerahkan piagam penghargaan untuk tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinilai berpartisipasi secara aktif dalam mewujudkan 'Satu Data Kota Mojokerto'. Penyerahan piagam tersebut, dilangsung dalam upacara di Balai Kota Mojokerto jalan Gajah Mada No. 145 Kota Mojokerto.

Adapun tiga organisasi perangkat daerah yang kali ini mendapatkan piagam penghargaan tersebut adalah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB). 

Di antara sambutannya, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo menyampaikan, bahwa selaku penanggung-jawab Forum Satu Data Kota Mojokerto, ketiga OPD tersebut dinilai telah memenuhi kebutuhan Data Prioritas Kota Mojokerto Tahun 2023, berkontribusi dalam Satu Data Kota Mojokerto dan aktifan berpartisipasi dalam Forum Satu Data Kota Mojokerto. 

“Kita memberikan penghargaan ini agar setiap OPD semakin termotivasi untuk berkontribusi secara aktif dalam Satu Data Kota Mojokerto serta semakin aktif berpartisipasi dalam Forum Satu Data Kota Mojokerto", kata Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo dalam sambutan yang disampaikan usai menyerahkan piagam penghargaan di Balai Kota Mojokerto, Kamis (25/04/2024). 

Gaguk menjelaskan, bahwa melalui Forum Satu Data Kota Mojokerto, Pemerintah Kota Mojokerto terus berupaya untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung-jawabkan serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah. 

“Forum Satu Data akan terus berupaya dalam pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk, sehingga terbentuk data yang mudah diakses dan dibagi-pakaikan serta bersinergi dan sejalan dengan provinsi dan pemerintah pusat", jelasnya.

Ditandaskan Gaguk, bahwa terkait sistem, Satu Data Kota Mojokerto juga terus melakukan pembaharuan, termasuk pembaruan CKAN (Comprehensive Knowledge Archive Network). 

“Saat ini juga telah dilakukan pembaharuan firmware CKAN dari versi 2.8.12 menjadi versi 2.10.3 serta penambahan beberapa fitur pada portal Satikomo, seperti daftar data, pembaharuan verifikasi data, monitoring pengunjung portal, pembaharuan proses mengunduh data dan proses integrasi dengan layanan aplikasi lainnya", tandasnya.

Sebagai informasi, Satu Data Kota Mojokerto juga telah meraih penghargaan 'Anindhita Wistara Data' dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023 dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Tahun 2023 predikat "Baik" kategori Pemerintah Kabupaten/ Kota dari Badan Pusat Statistik (BPS). *(SRT/HB)*