Senin, 13 April 2020

Brigjen Karyoto Terpilih Menjadi Deputi Penindakan KPK

Baca Juga

Wakapolda Yogyakarta Brigjen Karyoto saat foto bersama Ketua Umum DPP-SPRI Hence Mandagi.



Kota JAKARTA – (harianbuana.com).

Jabatan Deputi Penindakan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) telah terisi. Dari sumber yang dapat dipercaya, jabatan tersebut akan diisi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Yogyakarta Brigadir Jenderal (Brigjen) Karyoto yang sebelumnya telah melalui serangkaian proses tahapan seleksi.

Sementara saat dikonfirmasi pada Senin 13 April 2020 lewat pesan WhatsApp, Pelaksana-tugas (Plt) Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri belum menjawab.

Ada 3 (tiga) jenderal polisi yang lolos hingga tahap akhir seleksi Deputi Penindakan KPK. Yang mana, selain Karyoto, ada Kepala Pendidikan dan Pelatihan Reserse Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Brigjen Agus Nugroho dan Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Rudi Setiawan.

Sebelumnya, mereka telah mengikuti tes kesehatan pada Kamis 02 April 2020. Kemudian, mengikuti tes uji makalah, presentasi dan wawancara pada Jumat 03 April 2020.

Seleksi jabatan Deputi Penindakan KPK saat itu pun sempat diwarnai protes dari kalangan lembaga swadaya masyarakat, salah-satunya ICW (Indonesia Corruption Watch)

“Dari awal, KPK memang tidak pernah terbuka mengumumkan siapa saja yang mendaftar dan bagaimana hasil dari setiap proses", lontar peneliti ICW Wana Alamsyah pada 01 April 2020 yang lalu. *(Ys/HB)*