Rabu, 22 September 2021

Baru 3 Bulan Menjabat, Bupati Koltim Kena OTT KPK

Baca Juga


Plt. Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penindakan KPK menggelar kegiatan OTT di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

Dalam serangkaian kegiatan OTT di Kabupaten Koltim Provinsi Sultra pada Selasa (21/09/2021) malam, Tim Satgas Penindakan KPK mengamankan Bupati Koltim Andi Merya Nur.

Selain Andy Merya Nur yang menjabat Bupati Koltim baru selama 3 bulan itu, Tim Satgas Penindakan KPK juga mengamankan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabuaten Kolaka Timur Anzarullah serta 4 orang lainya.

Keenam orang tersebut kemudian dibawa ke Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sultra. Mereka tiba di Mapolda Sultra di Kota Kendari pada Selasa (21/09/2021) tengah malam. Mereka akan menjalani serangkaian proses pemeriksaan awal.

Dikonfirmasi tentang OTT tersebut, Pelaksana-tugas (Plt.) Juru Bicara (Jubir) Bidang Penindakan KPK Ali Fikri tidak menampiknya. Diterangkannya, bahwa dalam OTT yang digelar pada Selasa (21/09/2021) malam sekitar pukul 20.00 WITa itu, Tim Satgas Penindakan KPK mengamankan sejumlah pihak terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi di wilayah Koltim.

"Ya..., benar. Saat ini, para pihak yang ditangkap dan diamankan masih dalam proses permintaan keterangan oleh tim KPK", terang Plt. Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri melalui selulernya, Rabu (22/09/2021) pagi.

Hanya saja, tentang siapa-siapa saja para pihak yang terjaring dalam OTT tersebut,  Ali Fikri tidak menyebutkan detailnya. Namun dipastikannya, semua perkembangan pemeriksaan akan disampaikan lebih lanjut.

"Tim Penyidik masih bekerja di lapangan. Tunggu perkembangan hasil pemeriksaan akan disampaikan lebih lanjut. KPK masih memiliki waktu untuk menentukan sikap dari hasil pemeriksaan yang saat ini masih berlangsung", tegasnya.

KPK memiliki waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum para pihak diamanakan melalui operasi tangkap tangan tersebut.

Sementara itu, Andy Merya sendiri adalah seorang politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Adny Merya Nur merupakan bupati perempuan pertama di Kabupaten Kolaka Timur.

Andy Merya Nur secara definitif menjabat Bupati Kolaka Timur periode 2021–2024 yang dilantik oleh Gubernur Sultra Ali Mazi pada 14 Juni 2021.

Andi Merya Nur dilantik sebagai Bupati Kolaka Timur menggantikan Samsul Bahri Madjid yang meninggal dunia karena mengalami serangan jantung pada Juni 2021 lalu. *(Ys/HB)*