Senin, 07 Februari 2022

Ning Ita Anugerahi Lencana Dan Piagam DDS 75 Kali Kepada 10 Pendonor Darah

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyerahkan piagam DDS 75 kepada salah-seorang pendonor darah di Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin 07 Februari 2022
.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari pada hari ini, Senin 07 Februari 2022, menganugerahkan penghargaan lencana dan piagam Donor Darah Sukarela (DDS) 75 Kali kepada 10 orang sukarelawan pendonor darah.

Penyerahan anugerah lencana dan piagam DDS 75 Kali kepada 10 sukarelawan pendonor darah itu digelar di Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan "Ning Ita" ini menyampaikan apresiasinya atas kontribusi para sukarelawan yang secara sukarela mendonorkan darah untuk kepentingan kemanusiaan.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kontribusi yang luar biasa secara sukarela untuk kepentingan kemanusiaan dalam rangka mendukung tugas, kerja PMI dalam menyediakan darah, trombosit maupun konvalesen bagi masyarakat Mojokerto dan sekitarnya", ujar Ning Ita, di ruang Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat, jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, Senin (07/02/2022).

Ning Ita menjelaskan, PMI memiliki tugas kemanusiaan yang salah-satunya menyediakan darah serta tugas-tugas lainnya seperti mengevakuasi masyarakat yang mengalami kecelakaan, sakit ataupun meninggal.

"Mereka semuanya tentu harus memiliki satu jiwa kesukarelawanan yang luar biasa, karena tugas ini tidak terbatas jam kerja atau di luar waktu normal umum kita kerja. Tugas ini dilaksanakan 24 jam, kapanpun ada panggilan kemanusiaan, semua jajaran PMI ini harus siap turun bertugas dalam rangka memberikan pelayanan", jelasnya.



Salah-seorang pendonor darah usai menerima anugerah lencana dan piagam DDS 75 saat berswafoto, Senin 07 Februari 2022, di Sabha Kridatama Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto atau Rumah Rakyat jalan Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto.


Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Mojokerto menegaskan, dalam mengemban tugas-tugasnya, PMI juga bekerja-sama dengan komunitas ataupun badan usaha yang memiliki anggota cukup banyak.

"PMI Kota Mojokerto tidak hanya melakukan donor darah di markas, namun juga secara berkala bekerja-sama dalam rangka ketersediaan darah, trombosit maupun konvalesen", tegas Ning Ita.

Pada kesempatan ini, Ning Ita memberikan support kepada PMI Kota Mojokerto berupa pemberian bantuan kebutuhan sarana dan prasarana untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan.

"Tahun ini, akan kita bantu dua unit mobil ambulan, meskipun tidak baru tapi bisa dimanfaatkan dengan baik", ujar Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Mojokerto ini.

Haris Rudianto (50), warga Dusun Ketamas Desa Pacing Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, salah-seorang penerima lencana dan piagam DDS 75 Kali mengaku, bahwa dirinya mulai mengikuti Donor Darah Sukarela (DDS) mulai tahun 1995.

"Awalnya ikut DDS saat kerja di PT. Tjiwi Kimia, saat itu PMI Kota Mojokerto menggelar DDS massal dan saya termotivasi untuk ikut. Setelah itu setiap 3 (tiga) bulan sekali saya aktif donor darah di PMI Kota Mojokerto", akunya.

Lebih lanjut, pria yang memiliki golongan darah B ini menjelaskan, bahwa dirinya aktif mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dengan tujuan untuk kemanusiaan semata.

"Niat saya hanya untuk membantu sesama. Selain itu ada manfaat kesehatan yang saya rasakan dari donor rutin ini", jelas Haris. *(DI/HB)*