Minggu, 18 Juni 2023

Ning Ita Turut Tampil Di Festival Tahu Thék Hari Jadi Kota Mojokerto Ke-105

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya saat menyampaikan sambutan pada Festival Tahu Thék dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105 di halaman Parkir Timur Sunrise Mall jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto, Minggu (18/06/2023) sore.


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Melaksanakan rangkaian agenda kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) setempat hari ini, Minggu 18 Juni 2023 sore, menyelenggarakan Festival Tahu Thék.

Penyelenggaraan Festival Tahu Thék yang digelar di halaman Parkir Timur Sunrise Mall tersebut, diikuti 105 kelompok peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Mojokerto, perwakilan PKK dari 18 kelurahan, perwakilan dari PKK 3 kecamatan, sejumlah kelompok penjual tahu thék serta beberapa kelompok masyarakat. Adapun masing-masing kelompok peserta terdiri atas 3 orang 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi sang suami Supriadi Karima Saiful dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto Ani Wijaya serta Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Mojokerto hadir dalam Festival Kuliner Kota Mojokerto tersebut.

"Alhamdulillah... dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105, hari ini kita bisa berkumpul di sini untuk bersama-sama memasak 'Tahu Thék' dalam Festival Kuliner Kota Mojokerto. Sore hari ini merupakan awal yang indah yang menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105. Bapak Ibu semua, apakah hafal jinggelnya Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105...!?", lontar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang dijawab serentak oleh para peserta dengan kata "Belum...!", Minggu (18/06/2023) sore, di halaman Parkir Timur Sunrise Mall jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto.

"Belum...!? Padahal nanti tanggal 20 Juni (Red: 2023), tepatnya pagi hari jam 8 (delapan) pagi, kita akan bersama-sama berkumpul di Alun-alun Kota Mojokerto untuk bersama-sama memeriahkan 'Pesta Rakyat' dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105. Nanti tidak hanya 'tahu thék', tapi berbagai kuliner di Kota Mojokerto kurang lebih 31.000 (tiga puluh satu ribu) porsi disajikan gratis untuk warga Kota Mojokerto", lanjutnya.


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama sang suami Supriadi Karima Saiful saat turut tampil memraktekkan membuat tahu thék ditengah Festival Tahu Thék dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105 di halaman Parkir Timur Sunrise Mall jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto, Minggu (18/06/2023) sore.


Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menerangkan, bahwa disana nanti, warga Kota Mojokerto juga diminta untuk bisa membuat konten yang menarik, konten terkait Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105, konten terkait Pesta Rakyat termasuk didalamnya ada jinggle Kota Mojokerto ke-105 dan itu akan diundi untuk mendapatkan hadiah yang menarik bagi warga Kota Mojokerto.

"Maka, jangan lupa dihafalkan jinggelnya Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105. Nanti tanggal 20 Juni bisa dibuat konten pada saat Pesta Rakyat di Alun-alun Kota Mojokerto. Bapak Ibu semuanya, ulang tahun Kota Mojokerto ke-105 yang jatuh pada tanggal 20 Juni 2023 akan berbeda dengan peringatan Hari Ulang Tahun (Red: Kota Mojokerto) sebelumnya. Karena untuk pertama kalinya, selain 1 (satu) bulan penuh kegiatan yang dilakukan mulai tanggal 1 Juni sampai 29 Juni 2023, maka untuk pertama-kalinya ada Pesta Rakyat Upacara Resmi yang dilaksanakan di Alun-alun dengan ribuan peserta masyarakat secara langsung terlibat di dalamnya", terang Ning Ita.

Dijelaskan Ning Ita, bahwa untuk pertama-kalinya di tahun 2023 pihaknya memiliki konsep, bahwa Hari Jadi Kota Mojokerto bukanlah hanya milik Pemerintah Kota Mojokerto, melainkan Hari Jadi Kota Mojokerto merupakan Hari Ulang Tahun-nya seluruh masyarakat Kota Mojokerto, sehingga semuanya harus terlibat secara aktif dan harus berkontribusi ikut memeriahkan Hari Jadi Kota.

"Formulasi ini akan menjadi formulasi yang kita patenkan untuk kegiatan Hari Jadi (Red: Kota Mojokerto) di tahun-tahun yang akan datang. Masyarakat semuanya kita libatkan, tidak hanya warga yang berkependudukan Kota Mojokerto, tapi seluruh yang berdomisili, tinggal, berusaha di Kota Mojokerto kita ajak berpartisipasi aktif untuk ikut memeriahkannya", jelas Ning Ita.


Salah-satu juri saat mencicipi sajian tahu thék yang disajikan salah-satu kelompok peserta pada Festival Tahu Thék dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105 di halaman Parkir Timur Sunrise Mall jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto, Minggu (18/06/2023) sore.


Mengakhiri sambutannya, Orang Nomor Satu di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto ini menyampaikan, bahwa kegiatan Festival Kuliner Kota Mojokerto 2023 yang diselenggarakan pada Minggu (18/06/2022) sore ini merupakan bagian dari rangkaian agenda kegiatan Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-105.

"Semoga dengan do'a, dengan jargon Kota Mojokerto pada Hari Jadi yang ke-105 ini menjadi Kuat, Hebat, Melesat dan Untuk Kesejahteraan Kota Mojokerto ini benar-benar di ijabahi dan diridhoi ALLAH SWT. Seluruh warga Kota Mojokerto, semuanya sejahtera dengan adanya kebangkitan kolaborasi kita semuanya. Terima-kasih, dirgahayu kota kita yang tercinta. Kota Mojokerto Kuat, Hebat, Melesat Untuk Kota Mojokerto Yang Lebih Sejahtera", pungkas Ning Ita.

Sebelumnya, begitu tiba di lokasi, Ning Ita didampingi sang suami Supriadi Karima Saiful dan Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya langsung meninjau penyajian 'Tahu Thék' yang telah dirampungkan oleh para peserta yang tengah dalam penilaian para juri.

Menariknya, ditengah peninjuannya, tiba-tiba Ning Ita bersama suami mengambil-alih sementara meja stand salah-satu kelompok peserta yang telah merampungkan pembuatan tahu thék yang dilombakan, lalu turut praktek langsung bersama suami membuat tahu thék menggunakan sisa bahan pembuatan tahu thék peserta tersebut.

Wal-hasil, Ning Ita bersama suami bisa merampungkan pembuatan seporsi tahu thék dalam waktu sekitar 15 menit. Hanya saja, setelah mencicipi 3 sendok tahu thék buatan Ning Ita, sang suami tak berani menghabiskannya dengan alasan Terlalu Pedas. "Ya, ini tadi kan request dari pembawa acara, 10 cabai...!?", tukas Ning Ita sembari melempar senyum khasnya.

Ning Ita didampingi sang suami Supriadi Karima Saiful dan Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya kemudian menuju panggung untuk mengumumkan pemenang lomba Festival Tahu Thék kemudian menyerahkan hadiah uang secara simbolis pada juara 1 yang dimenangkan oleh kelompok peserta nomer 69 dengan hadiah uang sebesar Rp. 500.000,–. Berikutnya, juara 2 dimenangkan oleh kelompok peserta nomer 4 dengan hadiah uang sebesar Rp. 350.000,–.

Untuk juara 3, dimenangkan oleh kelompok peserta nomer 70 dengan hadiah uang sebesar Rp. 150.000,–. Usai menyerahkan hadiah tersebut, Ning Ita bersama suami kemudian meninggalkan lokasi. Adapun hadiah juara harapan 1, 2 dan 3 serta hadiah juara yél-yél dan joged serta kekompakan diserahkan oleh panitia kegiatan lainnya. *(DI/HB/Adv)*