Senin, 19 Juni 2023

KPK Periksa Mentan Syahrul Yasin Di C1

Baca Juga


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri.


Kota JAKARTA – (harianbuana.com).
Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Senin 19 Juni 2023, menjadwalkan pemeriksaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Syahrul dikabarkan sudah hadir memenuhi undangan Tim Penyidik KPK.

"Informasinya sudah hadir", kata Pelaksana-tugas (Plt.) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu saat dikonfirmasi wartawan, Senin (19/06/2023).

Kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor KPK kali ini, untuk memenuhi undangan yang ke-2 (kedua). Mentan Syahrul Yasin Limpo sebelumnya diundang Tim Penyidik KPK untuk memberikan keterangan pada Jum'at 16 Juni 2023.

Hanya saja, Syahrul tidak menghadiri undangan pemeriksaan pertama yang dijadwalkan akan berlangsung di Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada Kavling 4 Setiabudi Jakarta Selatan, karena sedang melaksanakan tugas negara di India.

Sama halnya dengan undangan yang pertama, dalam undangan yang kedua ini pun, Tim Penyidik KPK sedianya mengonfirmasi Mentan Syahrul Yasin terkait penyelidikan dugaan korupsi di kementerian yang dipimpinnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan dikonfirmasi tentang kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo telah hadir memenuhi undangan Tim Penyidik KPK. Diterangkannya, bahwa yang bersangkutan dimintai keterangan di Kantor Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Gedung ACLC atau dikenal dengan sebutan C1, Jakarta Selatan.

"Benar (pemeriksaan). di C1 (Kantor Dewas KPK)", terang Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/06/2023).

Dalam perkara ini, KPK sebelumnya membenarkan sedang menyelidiki dugaan korupsi di Kementan. Sejumlah pihak pun telah dimintai keterangan terkait penyelidikan dugaan korupsi dimaksud.

Hanya saja, KPK belum menginformasikan konstruksi perkara tersebut karena masih dalam proses penyelidikan yang tingkat kerahasiaannya berbeda dengan tahap penyidikan.

Ali Fikri sebelumnya menerangkan, Tim Penyidik KPK sudah memanggil ASN mulai staf hingga pejabat Kementan RI untuk memberikan keterangan dalam penyelidikan perkara dugaan korupsi di Kementan RI dan sudah dimulai sejak Januari 2023.

"Yang sudah diundang untuk keperluan keterangan saya kira banyak ya. Saya kira udah banyak, karena ini berlangsung sejak awal Januari ya 2023", terang Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri selaku Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK di Gedung Merah Putih KPK jalan Kuningan Persada Kavling 4 Setiabudi Jakarta Selatan, Kamis (15/06/2023).

Ali belum menginformasikan identitas lengkap staf hingga pejabat di lingkungan Kementan RI yang telah dipanggil dan diminta keterangannya oleh Tim Penyidik KPK. Ali hanya menyebut jumlahnya puluhan yang sudah dimintai keterangan.

"Sudah banyak yang kemudian kami undang ke KPK. Saya kira, jumlahnya puluhan yang sudah dimintai keterangan. Ya beberapa ASN dan pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian", jelas Ali Fikri.

Ali menegaskan, bahwa Tim Penyidik KPK juga telah memiliki bahan keterangan yang bisa dijadikan barang bukti nantinya. KPK juga akan segera menentukan sikap dalam menangani perkara dugaan korupsi di Kementan ini.

"Dan, KPK juga sudah memiliki bahan keterangan sebagai calon barang bukti, tentunya dalam proses-proses berikutnya. Tentunya kami akan segera menentukan sikap", tegas Ali Fikri. *(HB)*