Senin, 26 Juni 2023

Pemkot Mojokerto Fasilitasi Daftar Hak Cipta Gratis Bagi UMKM

Baca Juga


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Hak Cipta di Raden Wijaya Hotel and Convention Kota Mojokerto, Senin (26/06/2023).


Kota MOJOKERTO – (harianbuana.com).
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) setempat memberikan fasilitas Pendaftaran Hak Cipta gratis sebanyak 100 kuota bagi pelaku UMKM warga Kota Mojokerto.

Fasilitasi Pemkot Mojokerto untuk menarik partisipasi para pelaku UMKM tersebut disampaikan secara langsung oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam Sosialisasi Hak Cipta yang diselenggarakan oleh Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto di Raden Wijaya Hotel and Convention Kota Mojokerto yang diagendakan berlangsung pada hari ini, Senin 26 Juni 2023 dan besok, Selasa 27 Juni 2023.

"Kesempatan 2 (dua) hari ini, monggo digunakan untuk mendapat ilmu sebanyak mungkin dan bagi yang sudah punya produk, segera ditindak- lanjuti", ujar Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan sambutan dalam Sosialisasi Hak Cipta di Raden Wijaya Hotel and Convention Kota Mojokerto, Senin (26/06/2023).

Lebih lanjut, Wali Kota Mojokerto yang akrab dengan sapaan Ning Ita ini menerangkan, salah-satu program Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto tersebut, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para peserta sosialisasi untuk terus berkarya dan berinovasi kemudian mendaftarkan hasil karyanya agar mendapatkan perlindungan hak cipta, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Mojokerto tersebut menegaskan, bahwa program ini sebagai salah-satu upaya untuk mempersiapkan ekosistem pariwisata di Kota Mojokerto. Ditegaskannya pula, bahwa keberadaan UMKM diharapkan mampu mendukung sejumlah destinasi wisata yang kini sedang dibangun Pemkot Mojokerto.

"Saya ingin warga Kota Mojokerto menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Jangan hanya jadi penonton. Panjenengan semua harus bisa menjadi pemain di dalam industri pariwisata ini", tegas Ning Ita.

Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya melaporkan, bahwa kegiatan Sosialisasi Hak Cipta ini diikuti 30 peserta dari berbagai jenis UMKM. Di antaranya batik, resik, eco-print, aksesori, alas kaki, resin, miniatur kapal dan kerajinan tangan.

"Minggu besok, akan dibawa produk terbaiknya. Kita targetkan setidaknya dari sosialisasi ini, ada 30 dari total 100 kuota", lapor Kepala Diskop UKM Perindag Pemkot Mojokerto Ani Wijaya. *(EL/an/HB)*